Dark/Light Mode

Apakah Akan Berdampak Ke 2024?

Puan Makin Sering Bersama Jokowi

Senin, 4 Oktober 2021 08:05 WIB
Di sela-sela menghadiri rangkaian pembukaan PON XX Papua, Presiden Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani blusukan ke Pasar Sota, Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021). (Foto: Istimewa)
Di sela-sela menghadiri rangkaian pembukaan PON XX Papua, Presiden Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani blusukan ke Pasar Sota, Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani semakin getol blusukan dan ngintilin Presiden Jokowi. Sepanjang akhir pekan kemarin misalnya, Puan setia menemani Jokowi keliling Papua. Mulai dari membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, meninjau vaksinasi, sampai ikut peresmian infrastruktur. Kira-kira, aksi Puan nempel Jokowi ini akan berdampak pada 2024 atau tidak ya?

Sejak Jumat (1/10), Jokowi sudah berada Papua. Acara utamanya, membuka gelaran PON XX, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu malam (2/10). Sebelum dan sesudah acara itu, Jokowi menghadiri setumpuk agenda. Mulai dari meninjau vaksinasi Covid-19, sampai meresmikan sejumlah infrastruktur. Nah, dalam berbagai kunjungan tersebut, Puan selalu menemani.

Pada Sabtu lalu misalnya, Puan menemani Jokowi meresmikan tujuh arena pertandingan yang digunakan dalam gelaran PON XX Papua. Setelah itu, Puan juga ikut hadir di acara peletakan batu pertama Papua Youth Creative Hub. Di acara itu, putri Megawati Soekarnoputri itu bahkan ikut memberikan sambutan. Malam harinya, Puan menemani Jokowi membuka PON XX.

Berita Terkait : Harap Pandemi Berakhir, Menteri Yasonna Gelar Doa Bersama Untuk Negeri

Kemarin, Puan ikut Jokowi kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke. Keduanya terbang dengan menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Sentani, Jayapura, sekitar pukul 8.30 pagi. Tiba di Merauke, Jokowi dan Puan meresmikan terminal baru Bandara Mopah dengan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian.

Setelah itu, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Sota dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Puan kembali ikut. Di sana, Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara Sota.

Sorenya, Jokowi dan Puan meluncur ke Kantor Bupati Merauke untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dan pelajar. Lalu meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani, Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke.

Berita Terkait : KPK Buka Kemungkinan Jerat Bank Panin Jadi Tersangka Korporasi

Dari Merauke, Jokowi terbang ke Kota Sorong, Papua Barat. Puan masih ikut. Saat pesawat Kepresidenan tiba di Bandara Domine Edward Osok (DEO), waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 WIT. Hari ini, Jokowi rencananya akan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Yonif RK 762 dan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Aksi Puan menempel Jokowi ini sebenarnya bukan yang pertama. Pertengahan bulan lalu, Puan juga ikut mendampingi Jokowi saat meresmikan pabrik baja di Cilegon dan meninjau vaksinasi di Tangerang. Jauh sebelumnya, Puan pernah menemani panen padi di Malang, Jawa Timur.

Direktur Eksekutif Indonesian Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, langkah Puan mengikuti Jokowi blusukan adalah salah satu usaha dan strategi untuk mengangkat dan mengerek elektabilitasnya untuk Pilpres 2024. Sebab, bagaimana pun, Jokowi pusat perhatian rakyat dan pemberitaan.
 Selanjutnya