Dark/Light Mode

Peringati Hari Sumpah Pemuda

HKTI Ngarep Dijadikan Rumah Bagi Petani

Kamis, 28 Oktober 2021 20:41 WIB
Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah (berkerudung putih) saat melantik Dewan pimpinan wilayah (DPD) Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta Periode 2021-2026 di Auditorium Kementan, Kamis (28/10)
Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah (berkerudung putih) saat melantik Dewan pimpinan wilayah (DPD) Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta Periode 2021-2026 di Auditorium Kementan, Kamis (28/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan pimpinan wilayah (DPD) Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta melaksanakan pelantikan kepengurusan masa khidmat 2021-2026 dan peringatan Sumpah Pemuda di Auditorium Kementrian Pertanian, Jakarta, pada Kamis, (28/10/21). 

Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah dalam sambutannya bahwa sektor pertanian adalah sektor yang tangguh. 

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, terjadi banyak sekali pemberhentian kerja, PHK, yang pada akhirnya kehilangan pekerjaan dan menambah jumlah pengangguran dan kemiskinan. Sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dengan segala badai yang melanda," ujar Rina.  

Lebih lanjut, Rina mengajak kaum muda untuk terjung ke dunia pertanian dan bersama-sama merubah paradigma petani. 

Baca juga : Korni: Semangat Sumpah Pemuda Wujudkan Kemajuan Bangsa

"Petani selalu diidentikan pekerjaan orang tua dan tak menjamin kesejahteraan, paradigma tersebut harus kita rubah, sebab ditengah kemajuan teknologi dan inovasi, kedepan pertanian adalah sektor pekerjaan yang sangat menjanjikan, disamping itu dengan berpartisipasi dalam bidang pertanian kita juga secara langsung menjaga kelanggengan pertanian Indonesia sebagai Soko guru perekonomian bangsa ini", tegasnya. 

Dalam sambutan akhirnya, Pemudi Progresif yang biasa disapa Kak Rina ini meminta pemerintah untuk terus memperhatikan kesejahteraan petani. 

"Kita Pemuda Tani HKTI bertanggung jawab untuk menjadi penyambung harapan-harapan kesejahteraan petani Indonesia terhadap kebijakan pemerintah, kita terus belajar untuk menjadi jembatan advokasi petani sehingga petani Indonesia merasa memiliki rumah untuk mengadu", tutup Rina.

Dalam pelantikan tersebut turut dihadiri jajaran pengurus DPP Pemuda Tani HKTI, Ketua DPD HKTI DKI Jakarta, dan seluruh ketua DPD Pemuda Tani HKTI se Indonesia yang telah ada di 20 provinsi di Indonesia.

Baca juga : Lestari Ajak Milenial Usung Semangat Restorasi

Sementara itu, Ketua DPD Pemuda Tani DKI Jakarta Aji Andika Mufti, mengatakan, kedaulatan pangan menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa.  Dalam hal ini, Pemuda tani sangat potensial untuk ikut berkontribusi dan berperan aktif dalam perjuangan mewujudkan kedaulatan pangan secara terintegrasi dan berkesinambungan. 

"Salah satunya dengan peningkatan kapasitas produksi yang ramah lingkungan, dengan jaringan distribusi pasar lokal dan internasional baik BTG – BTB & BTC & akses permodalan yang terjangkau." Katanya. 

Walau Jakarta merupakan daerah perkotaan dengan padat penduduk, menurutnya, bertani tetap bisa dilakukan, sama halnya di daerah pedesaan. Dengan perkembangan teknolog pertanian, pertanian urban dapat berupa pertanian vertikal, hidroponik, atau aquaponik. Di negara kecil seperti Singapura, Sky Greens menjadi perusahaan yang berhasil menerapkan pertanian vertikal. 

"Sedangkan aquaponik dalam ruangan, telah dikembangkan di Chicago, Amerika Serikat. Produksinya diklaim mencapai 15 kali lebih banyak dibandingkan pertanian tradisional." Bebernya. 

Baca juga : Anggota DPR Muda Didesak Beri Teladan Pada Pemuda

Pemuda Tani DKI Jakarta juga bisa menjadi hub pemasaran hasil produksi pertanian nasional. Artinya sebagai penghubung produksi pertanian Pemuda Tani HKTI di Daerah lain dengan pihak dunia usaha dan dunia industri. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.