Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Sumpah Pemuda

Menteri Nadiem Ajak Pemuda Pemudi Mengingat Tapak Sejarah Bangsa

Kamis, 28 Oktober 2021 18:13 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 secara langsung di kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Senayan, Jakarta, Kamis (28/10). (Foto: Humas Kemendikbud)
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 secara langsung di kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Senayan, Jakarta, Kamis (28/10). (Foto: Humas Kemendikbud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 secara langsung di kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Senayan, Jakarta, Kamis (28/10).

Dalam upacara itu, Mendikbudristek yang mengenakan pakaian adat asal Provinsi Riau meyakini, jika Sumpah Pemuda tidak tercetus saat itu, para pemuda Indonesia tidak akan berdiri sebagai pelajar merdeka dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita.

"Kita harus terus mengingat tapak-tapak sejarah yang dilalui para pendahulu kita sebagai bekal membangun masa depan,” tutur Nadiem, di hadapan para peserta upacara.

Baca juga : Sumpah Pemuda, Gus Halim Ajak Pemuda Bangkitkan Ekonomi Desa

Upacara digelar hybrid, secara daring dan luring, serta dapat disaksikan kembali melalui kanal YouTube resmi Kemendikbud RI. "Tapak demi tapak itu kini harus menjadi lompatan," imbuhnya.

Diingatkannya, peringatan Sumpah Pemuda adalah hari kemenangan kita semua. Hari di mana generasi muda Indonesia melompat bersama dengan rampak dan serentak.

"Sekarang saatnya. Jangan mundur lagi. Arahnya satu, maju. Caranya satu, melompat bersama," imbau Nadiem. 

Baca juga : Menpora: Hari Sumpah Pemuda Momentum Perekat Persatuan Bangsa

Dalam kesempatan ini, juga dibacakan Keputusan Sumpah Pemuda yang dirancang para tokoh Kongres Pemuda Tahun 1928. Mendikbudristek pun, menyampaikan refleksi mengenai Sumpah Pemuda.

"Para pelajar seluruh Indonesia yang saya banggakan, bayangkan jika generasi pendahulu tidak menyatukan gagasan mereka tentang sebuah bangsa yang bersatu dan merdeka. Bayangkan jika sumpah pemuda tidak pernah dicetuskan dan diikrarkan oleh para pemuda penggerak bangsa,” urainya. 

Dilanjutkannya, generasi muda Indonesia kini harus melompat sekarang. Sebab mengejar, ketertinggalan saja tidak cukup. Setelah melewati masa yang penuh tantangan dan keterbatasan, inilah waktu bagi kita untuk bangkit dan tumbuh.

Baca juga : Politisi Muda PPP Ingatkan Pemerintah Serius Perhatikan Keamanan Siber

Nadiem yakin, Indonesia di tangan pemuda adalah Indonesia yang menjadi contoh bagi negara-negara lain. Indonesia yang dibangun pemuda adalah Indonesia yang memerdekakan generasi penerus untuk belajar, berinovasi, dan berbudaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.