Dark/Light Mode

Humanis Dan Pekerja Keras, Airlangga Hartarto Dinilai Pas Pimpin Penyelesaian Masalah Papua

Senin, 1 November 2021 00:19 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai sosok yang pas untuk memimpin penyelesaian masalah di Papua.

Ketua DPRD Maybrat, Papua Barat, Ferdinando Solossa mengungkapkan, sosok Airlangga yang humanis, merupakan prototipe pemimpin yang sejalan dengan pendekatan penyelesaian konflik di Papua.

"Karena, yang dibutuhkan adalah pendekatan persuasif, humanis, dan dialogis untuk mencapai solusi bersama,” ujar Ferdinando, Minggu (31/10).

Baca juga : Di Antara Ketum Parpol, Airlangga Hartarto Paling Banyak Dilirik Jadi Capres

Diingatkannya, pendekatan keamanan yang bersifat destruktif, seperti operasi militer, tidak bisa digunakan di Papua. Cara seperti itu justru menimbulkan luka baru bagi masyarakat Bumi Cenderawasih.

Ferdinando melanjutkan, selain humanis, Airlangga juga dinilai sebagai sosok pemimpin yang kaya gagasan, berpengalaman, pekerja keras, dan profesional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu, juga tidak pernah membuat gaduh. "Dia pekerja keras yang mengendalikan berbagai konflik dan perpecahan internal Partai Golkar pada awal kepemimpinannya," tuturnya.

Baca juga : Bamsoet: MPR Lembaga Negara Paling Tepat Selesaikan Masalah Kebangsaan

Hasil kerja keras Airlangga membuat Partai Golkar bertahan di papan atas pada Pemilu 2019. Padahal, sebelumnya banyak kalangan memprediksi suara partai beringin bakal anjlok drastis karena berbagai kasus hukum sejumlah elitnya, yang menggerus elektabilitas partai.

"Jadi, benar juga jika ada yang mengumpamakan Airlangga seperti angsa yang berenang di danau. Tenang. Tidak gaduh, namun dia bekerja keras," puji Ferdinando.

Selaku Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang berada di daerah Maybrat, Papua Barat, dia melihat komitmen yang selama ini ditunjukan Airlangga untuk masyarakat Papua.

Baca juga : Akbar Tandjung Harap Airlangga Hartarto Menang Pilpres 2024

"Terutama terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya orang asli Papua," bebernya.

Dikatakannya, komitmen itu ditunjukan Airlangga lewat program perekonomian, seperti program Kartu Prakerja, bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan bantuan lainnya. Langkah yang dilakukan Airlangga itu, patut diberi apresiasi.

"Jika Pak Airlangga Hartarto yang memegang komando dari pusat untuk mediasi dan koordinasi dengan warga Papua, saya yakin tangan dingin beliau dapat menemukan solusi untuk kesejahteraan Papua," tegas Ferdinando, yakin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.