Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moka Pot Jadi Mainan Baru

Jumat, 13 November 2020 08:11 WIB
Ngopi - Moka Pot Jadi Mainan Baru
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak punya Moka Pot, saya mulai rajin mengulik rahasia barista dalam menyajikan kopi susu yang nikmat.

Bagi anda yang tidak tahu apa itu Moka Pot, saya jelaskan sedikit. Moka Pot adalah alat seduh kopi yang mirip ketel air. Bedanya, tidak semua berisi air.

Moka Pot terbagi menjadi tiga bagian. Bagian bawahnya seperti gelas yang digunakan untuk menampung air. Pada bibir gelas itu, ada wadah untuk menyimpan bubuk kopi.

Baca juga : 33 Pengprov Siap Hadiri Munas Pertina Di Labuan Bajo

Nah, kedua bagian tadi kemudian ditutup oleh penyaring bubuk kopi. Di atasnya dilengkapi dengan wadah penampung sari kopi yang mengalir dari bawah ke atas.

Cara pakainya, Moka Pot ini kita panaskan dengan api sedang. Setelah air mendidih, maka air tadi akan mengalir ke bubuk kopi di atasnya sampai masuk ke bagian paling atas. Hasil rebusan kopi inilah yang biasa disebut espresso atau ekstrak kopi.

Hasil ekstrak kopi tadi bisa diminum langsung, tapi pahitnya bukan main. Bagi anda yang biasa minum kopi instan pasti langsung meludah.

Baca juga : DJ Dipha Barus: TikTok Jadi Ajang Pencarian Bakat Baru

Supaya lebih nikmat, saya biasa menikmati kopi espresso tadi dengan mencampurnya dengan susu UHT (Ultra High Temperature). Tak lupa saya tambahkan gula aren bubuk oleh-oleh dari Yogya dan sedikit creamer supaya lebih gurih dan kental.

Kalau mau lebih syahdu, kopi tadi bisa kita tambahkan dengan es batu. Tapi ingat, usahakan es batunya memakai air matang supaya tidak sakit perut.

Komposisi kopi, gula aren, creamer dan es batu harus diperhitungkan supaya hasilnya maksimal. Kita bisa menggunakan timbangan digital untuk mengatur komposisinya.

Baca juga : Awas, Rest Area Jadi Lokasi Rawan Penyebaran Virus

Setelah mendapat takaran yang pas, maka kenikmatan mana lagi yang kau dustakan. Proses ribet yang kita lewatkan rasanya terbayar lunas.

Nah bagi anda yang tidak suka ribet, lebih baik langsung membelinya di kedai kopi terdekat. Tapi boleh lah sekali-kali bikin kopi nikmat hasil racikan sendiri, sambil mengisi waktu bekerja dari rumah dan irit pengeluaran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.