Dark/Light Mode

DJ Dipha Barus: TikTok Jadi Ajang Pencarian Bakat Baru

Kamis, 5 November 2020 14:12 WIB
DJ Dipha Barus/Foto: Merry Apriyani
DJ Dipha Barus/Foto: Merry Apriyani

RM.id  Rakyat Merdeka - DJ kondang yang juga produser musik Dipha Barus mengakui kesuksesan TikTok sebagai platform berbagi video singkat, membawa dampak signifikan dalam dunia musik. 

Menurutnya, TikTok sekarang bisa menjadi sarana peluncuran lagu hingga menemukan bakat baru secara global.

“Sebagai jembatan bagi kami, para musisi, untuk terhubung dengan penggemar dari semua negara dan juga audiens baru. Tidak jarang, audiens baru ini juga berpotensi menjadi bakat baru di bidang musik yang bisa diajak berkolaborasi langsung di aplikasi TikTok,” ungkap Dipha dalam temu media secara virtual.

Dia menganggap, pengaruh TikTok membawa nuansa musik tersendiri saat ini. Bahkan tren musik yang dia sebut TikTok-able itu sudah masuk ke Indonesia.

Baca juga : Wirausaha Baru Bakal Dorong Penguatan Struktur Ekonomi

“Akhirnya kami menyadari itu sebagai sebuah tren, yang tadinya dilakukan musisi luar sekarang udah sampai sini,” tambahnya.

Gabungan antara algoritma, komunitas kreatif di TikTok dan fitur lengkap yang ada di TikTok menawarkan kesempatan untuk berinovasi di dunia musik. 

Mulai dari tantangan dengan lagu baru, memanfaatkan fitur duet untuk berkolaborasi, atau memanfaatkan fitur live streaming agar terhubung dengan pengguna lainnya.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan, pihaknya senang berkolaborasi dengan para creator. 

Baca juga : SDGs Desa Berkontribusi 74 Persen Bagi Pencapaian Nasional

Untuk itu, TikTok kerap menjadi rumah bagi para musisi dan kreator musik untuk menampilkan bakatnya, mengembangkan basis penggemar dan juga menghasilkan lagu yang hit.

“Mulai dari membantu musisi baru untuk ditemukan label atau produser, hingga meluncurkan lagu baru secara eksklusif, TikTok telah menjadi batu loncatan bagi para musisi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” ujar Angga.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh YPulse terhadap Gen Z dan millennials dari berbagai negara, terlihat lebih dari 50 persen koresponden mengetahui soal lagu baru atau yang baru mereka dengar melalui platform digital.

TikTok menyaksikan hal ini dengan berbagai pencapaian yang dialami oleh para musisi di mancanegara.

Baca juga : Catat, Ini 5 Lokasi Perpanjang SIM Di Jakarta

“Seperti Lil Nas X yang merajai tangga lagu setelah meluncurkan lagu Old Town Road di TikTok, atau lagu I'm Just a Kid dari Simple Plan yang mendapatkan sertifikat platinum setelah 20 tahun diluncurkan, berkat tantangan yang viral dengan lagu ini di TikTok,” kata Angga. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.