Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Wisata Belanja Garut

Syarief Hasan: UMKM Perlu Pelatihan & Pendampingan

Kamis, 14 April 2022 07:51 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan berkunjung ke Wisata Belanja Garut, Ramadan Fair 1443 H di Garut, Rabu (13/4). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan berkunjung ke Wisata Belanja Garut, Ramadan Fair 1443 H di Garut, Rabu (13/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komplek Islamic Centre, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berdiri puluhan tenda berwarna biru. Di tenda-tenda itu berbagai produk Usaha Kecil, Menengah, dan Mikro (UMKM) dipamerkan, dipajang, dan ditawarkan kepada para pengunjung.  

Pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro yang menjajakan berbagai produk makanan, minuman, baju, bahkan produk kebanggaan masyarakat Garut yakni jaket, tas, dompet, dan ikat pinggang dari kulit tengah mengikuti acara Wisata Belanja Garut, Ramadan Fair 1443 H.

Baca juga : Syarief Hasan: Pemerintah Wajib Taat Konstitusi & Kawal Demokrasi

Kemeriahan acara yang digelar sejak pagi itu bertambah saat Wakil Ketua MPR Prof. Syarief Hasan, berkunjung Rabu (13/4). Dalam kunjungan, Menteri Koperasi dan UMKM di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengunjungi tenda-tenda, dirinya memotivasi dan berdialog dengan para pelaku usaha di kabupaten yang disebut Swiss Van Java itu.

Pria asal Palopo, Sulawesi Selatan, itu bahkan membeli beberapa produk yang dijajakan seperti kopi, abon, kerupuk, dan beberapa makanan ringan yang lainnya. Kepada wartawan, politisi dari Partai Demokrat itu mengatakan produk yang dihasilkan oleh warga Garut sudah bagus.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Komisioner OJK Terpilih Tingkatkan Pengawasan

Meski demikian dirinya mendorong beberapa produk yang ada perlu lebih ditingkatkan lagi. "Saya masih melihat ada beberapa produk, packaging atau kemasannya perlu diberi sentuhan yang lebih baik lagi," tuturnya.

Menurut pria yang baru dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Negeri Makassar itu, produk yang ditawarkan atau dijual, kualitasnya bukan hanya mengandalkan isinya. Pelengkap yang lain seperti kemasan harus juga benar-benar diperhatikan agar lebih menarik dan menjual. "Bila itu dilakukan Insyq Allah akan lebih menarik. Contohnya produk kopi yang ada, bila kemasannya bagus, pasti akan lebih banyak terserap di pasar," tambahnya.  

Baca juga : Syarief Hasan Sesalkan Dana Daerah Mengendap Di Bank

Untuk menuju ke sana diakui oleh Syarief Hasan memang perlu ada pelatihan dan pendampingan. Nah kedua hal inilah yang perlu terus ditingkatkan dan mendapat perhatian dari pemerintah," imbaunya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.