Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestari Ngarep Ekonomi Bangkit Usai Lebaran

Minggu, 8 Mei 2022 22:50 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah silaturahmi Idul Fitri 1443 Hijriah dari kampung halaman, masyarakat dan para pemangku kepentingan diharapkan segera mengalihkan fokus untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menuntaskan sejumlah agenda nasional.

"Pasca Lebaran memang masih banyak pekerjaan rumah yang menanti bangsa ini. Selain upaya membangkitkan perekonomian nasional dan tantangan di bidang kesehatan, sejumlah agenda politik nasional harus segera dituntaskan," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/5).

Laporan World Economic Outlook (WEO) International Monetary Fund (IMF) edisi Januari 2022 menunjukkan perekonomian global diprediksi mengalami moderasi ke level 4,4% di 2022 atau turun 0,5 poin dibandingkan Oktober 2021. Sementara di Kawasan ASEAN-5, pertumbuhan ekonomi diperkirakan justru berada dalam tren meningkat.

Baca juga : Jadi Narasumber Bedah Buku, Ini Pesan Rektor Unhas Makassar Ke Partai Gelora

Dalam periode 2021-2023, Indonesia diramalkan akan bertumbuh kuat sebesar 3,3 persen, 5,6 persen, dan 6,0 perse., sedangkan Malaysia 3,5 persen, 5,7 persen, dan 5,7 persen. Pada periode yang sama, pertumbuhan PDB Thailand akan berada pada 1,3 persen, 4,1 persen, 4,7 persen, sedangkan Filipina 4,6 persen, 6,3 persen, dan 4,9 persen. 

Untuk mewujudkan perkiraan itu, menurut Lestari, berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat harus konsisten dilakukan lewat berbagai kebijakan.

Upaya pembukaan lapangan kerja sesuai kebutuhan perkembangan industri yang ada, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus diimbangi dengan upaya peningkatan skill masyarakat agar mampu memenuhi tuntutan dunia kerja.

Baca juga : Mengurai Kepadatan Arus Mudik Dan Balik Lebaran

Selain itu, tambah Rerie, sejumlah sektor usaha potensial yang memiliki pasar yang besar dalam skala nasional dan global seperti antara lain di sektor industri kreatif, pariwisata, UMKM dan  kesehatan diharapkan mendapat dukungan penuh agar mampu menjadi motor penggerak perekonomian nasional.

Jangan pula dilupakan, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, kewaspadaan kita harus terus ditingkatkan terhadap sejumlah indikasi munculnya penyakit pasca meredanya kasus Covid-19.

"Munculnya kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak, harus mendapat perhatian serius para pemangku kepentingan dan masyarakat, disamping sejumlah kasus lain seperti stunting dan kekurangan gizi yang masih cukup tinggi di sejumlah daerah," tuturnya.

Baca juga : Kapolri Jamin Polisi Berikan Pelayanan Maksimal Hadapi Arus Balik Lebaran

Tidak kalah pentingnya dan harus menjadi perhatian kita bersama, jelas Rerie, adalah sejumlah agenda politik nasional seperti pemilihan umum serentak, yang rangkaian prosesnya mulai berlangsung tahun ini, harus dituntaskan sesuai rencana.

Karena, tegas Rerie, pertumbuhan ekonomi yang baik tidak akan tercapai tanpa kondisi politik yang stabil dan aman. Demikian juga sebaliknya, tanpa perekonomian yang baik, pelaksanaan proses politik nasional akan sulit untuk berjalan dengan baik.

Rerie sangat berharap bangsa Indonesia memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan negara yang kuat dan berdaya saing lewat proses politik dan ekonomi yang dijalani berdasarkan amanat konstitusi UUD 1945 dan nilai-nilai yang terkandung pada dasar negara kita Pancasila. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.