Dark/Light Mode

Genjot Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Ayo, Manfaatkan Ruang Digital

Senin, 8 Agustus 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi I DPR Muhammad Arwani Thomafi. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi I DPR Muhammad Arwani Thomafi. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Kedua, lanjut dia, ruang digital juga mampu meningkatkan keterlibatan aktif dari masyarakat dalam jalannya roda pemerintah. Yakni melakukan pengawasan yang bermuara dari informasi berbasis digital.

Sementara, pengamat politik dari Universitas Malikulsaleh, Aceh, Teuku Kemal Fasya menilai, kampanye hitam semakin mengkhawatirkan karena masyarakat sudah akrab dengan teknologi digital. Apalagi teknologi sudah semakin canggih. Upaya memalsukan sebuah teks, gambar dan lainnya sangat rentan terjadi.

Baca juga : Dubes RI Untuk Filipina Serahkan Medali Perdamaian Untuk Mantan Menhan Filipina

“Kecanggihan teknologi yang bisa merombak serta memalsukan informasi sangat mudah dilakukan. Sehingga banyak informasi-informasi yang menyesatkan,” ujar Kamal dalam keterangannya, kemarin.

Bahkan, ada kecenderungan adu domba yang dikembangkan melalui media sosial. Ini karena kesadaran masyarakat terhadap literasi belum cukup baik. Tak sedikit publik yang menelan informasi mentah-mentah tanpa ada klarifikasi terlebih dahulu.

Baca juga : Daftar Pemilu, AHY Jalan Kaki Datangi KPU

“Masyarakat harus mampu meningkatkan literasi digital dan tidak apatis terhadap isu-isu politik,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.