Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Filipina Serahkan Medali Perdamaian Untuk Mantan Menhan Filipina

Sabtu, 6 Agustus 2022 07:05 WIB
Dubes Agus Widjojo (duduk kelima kanan) bersama para penerima penghargaan di Kedutaan Besar Indonesia, Manila, Filipina, Kamis, 4 Agustus 2022. (Foto KBRI Manila)
Dubes Agus Widjojo (duduk kelima kanan) bersama para penerima penghargaan di Kedutaan Besar Indonesia, Manila, Filipina, Kamis, 4 Agustus 2022. (Foto KBRI Manila)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Filipina Agus Widjojo menyerahkan Medali Perdamaian kepada mantan Menteri Pertahanan Nasional Filipina Delfin Lorenzana dan mantan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) Jenderal Cirilito Sobejana di KBRI Manila, Kamis (4/8).

Medali Perdamaian ini merupakan penghargaan yang diberikan Presiden Joko Widodo atas keberhasilan pihak Filipina dalan misi penyelamatan tiga nelayan WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf pada 2019 dan 2020.

Selain kedua pejabat tinggi militer Filipina tersebut, ada 50 tentara yang terlibat langsung dalam misi penyelamatan. Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto pun memberikan penganugerahan Medali Dharma Pertahanan kepada para tentara Filipina tersebut.

Berita Terkait : Majelis Rakyat Papua Serahkan Masukan Keputusan Adat Ke Menko Polhukam

Dalam sambutannya, Dubes Agus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan komitmen pejabat militer Filipina dalam misi penyelamatan WNI. Dia menambahkan, penghargaan ini membuktikan komit￾mmen pejabat militer Filipina dalam menjaga keamanan, keselamatan, serta stabilitas regional.

“Pemberian penghargaan dari Pemerintah Indonesia tersebut sebagai wujud nyata dari keberhasilan kerja sama pertahanan dan keamanan yang efektif, serta hubungan antar kedua negara yang selama ini terjalin baik,” ujar Dubes Agus dalam keterangan tertulis KBRI Manila, Kamis (4/8).

Dia menekankan kembali pentingnya peningkatan kerja sama di bidang counter terrorism dan penanganan kejahatan lintas batas. Mewakili para penerima penghargaan, Lorenzana mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

Berita Terkait : Istri Mendagri Tito Karnavian Tinjau Layanan Posyandu Di Bitung

“Penghargaan ini sangat bermakna bagi para penerima dan juga Departemen Pertahanan Nasional Filipina, sebagai bentuk pengakuan atas kerja sama yang erat antara kedua negara,” ujar Lorenzana.

Ini merupakan pertama kalinya kedua medali itu diberikan kepada Warga Negara Asing, khususnya Warga Negara Filipina. Acara penganugerahan tersebut dihadiri pejabat dari Bases Conversion and Development Authority, Departemen Luar Negeri, Departemen Pertahanan, dan Armed Forces of the Phillipines.

Medali Perdamaian adalah tanda jasa yang diberikan Presiden Indonesia kepada mereka, baik Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing yang telah berjasa besar memajukan perdamaian, persaudaraan, diplomasi, dan persahabatan.

Berita Terkait : Dubes RI Untuk Nigeria Jajaki Peluang Bisnis, Tawarkan Suplemen Pertanian

Sedangkan Medali Dharma Pertahanan merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Pertahanan kepada perorangan atau militer asing yang berjasa dalam meningkatkan kerja sama bilateral dan kelancaran kegiatan yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan. ■