Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Erick Thohir Ajak Hacker Lokal Bangun Ekosistem Digital

DPR: Bisa Gandeng BSSN

Rabu, 14 September 2022 13:18 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah. (Foto: Ist)
Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah sepakat dengan langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang mengajak hacker dalam negeri untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam menjaga kedaulatan digital. Juga, menjaga data pribadi masyarakat dari ancaman peretasan, terutama dari negara asing.

Dalam mengembangkan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) ahli digital, kata Rizki Aulia, Kementerian BUMN yang dikomandoi Erick Thohir bisa menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Yang perlu benar-benar kita tekankan adalah pengembangan SDM di BSSN. Banyak yang menyampaikan kenapa hacker-hacker ini nggak kita berikan ruang saja untuk mengabdi kepada negara, tentu ini kalau menurut saya di satu sisi pasti ada bagusnya, ini pikiran yang lumayan bisa dibilang solutif,” kata Rizki, kepada wartawan, Rabu (14/9).

Baca juga : Erick Thohir Masuk Tiga Besar Di Bursa Cawapres Musra Jabar

Dikatakan politisi Partai Demokrat ini, Indonesia memiliki banyak potensi SDM yang memiliki kemampuan digital. Maka tepat jika ada langkah konkret pemerintah untuk mengajak mereka berkolaborasi agar masalah peretasan ini tidak terulang lagi di kemudian hari.

“Poin yang mendasarnya adalah, memang betul di satu sisi sebaik apapun sistem yang kita buat, pasti ada hacker yang lebih pintar lagi untuk mencari celah dan itu pasti dalam hal apapun, kita buat peraturan ada tetangga yang pasti lebih pintar, tetap masuk bisa maling, dan lain sebagainya itulah peretasan data," ucapnya.

"Jadi yang kita harapkan setelah undang-undang perlindungan data pribadi ini disahkan, ya tunduklah seluruh pengendali data baik publik maupun swasta, bikinlah infrastruktur, nah ini yang kita harapkan bisa dilaksanakan setelah undang-undang ini disahkan,” sambung Rizki.

Baca juga : Erick Thohir Populer Di Kalangan Elite Daerah

Anggota DPR RI termuda ini melanjutkan, pemerintah dalam hal ini Erick Thohir sebagai pihak yang menyarankan agar hacker dalam negeri berkolaborasi dengan pemerintah untuk menjaga data pribadi masyarakat dalam rangka menjaga kedaulatan dan ekosistem digital di Indonesia.

“Ini merupakan salah satu pikiran yang kedepan, tapi walaupun ini nggak akan sesimpel itu. Saya kira diajak juga belum tentu mau, malah mereka seru kayaknya itu kalau buat mereka itu kan sebenarnya kegiatan yang cukup anarkis dan cukup radikal, ini yang perlu diawasi oleh pemerintah,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengajak para hacker atau peretas lokal untuk membantu pemerintah melindungi data masyarakat. Ajakan ini ia sampaikan terkait maraknya peretasan belakangan ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.