Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sunarso, Tokoh Pembiayaan Dan Pemberdayaan UMKM

Top, BRI Bangun Ekonomi Bangsa

Jumat, 30 September 2022 07:50 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso. (Foto: Dok. BRI)
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso. (Foto: Dok. BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso meraih penghargaan sebagai Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Rakyat Merdeka Award. Hal ini menunjukkan, BRI telah berjuang keras membangkitkan ekonomi rakyat. Utamanya UMKM.

Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengapresiasi penghargaan yang diraih Sunarso.

“Selamat kepada Pak Sunarso. Semoga dengan meraih penghargaan tersebut, kedepannya semakin bersemangat lagi membuat program-program yang bersentuhan langsung dengan rakyat,” ucapnya di Jakarta, kemarin.

Penghargaan tersebut, menurutnya, memang layak disematkan kepada Sunarso. Sebab, program BRI seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) berhasil menjang kau kalangan masyarakat, utamanya masyarakat menengah ke bawah.

Baca juga : Menteri Teten Sabet Tokoh Pemulihan Dan Digitalisasi UMKM Pada Ajang RM Award 2022

Selain itu, BRI di bawah kepemimpinan Sunarso cukup berhasil menjaga pertumbuhan kredit.

“Berdasarkan catatan yang saya miliki, laju pertumbuhan kredit BRI cukup sehat. Itu artinya, secara faktual BRI turut membantu menggerakkan roda perekonomian bangsa dan negara,” kata pakar ekonomi kerakyatan itu.

Politisi yang juga bergelar Associate Profesor ini berharap, skema pembiayaan yang diberikan BRI ke depannya dibarengi dengan kemudahan akses bagi para UMKM. BRI diyakini akan semakin mempermudah akses fasilitas kredit bagi para pelaku UMKM.

Dengan adanya kemudahan, skema pembiayaan pun persentasenya tentu akan terus meningkat.

Baca juga : Sebagai Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM

“Semoga dengan meraih penghargaan ini, Pak Sunarso semakin terpacu lagi menunjukkan komitmen keberpihakannya kepada para pelaku UMKM yang notabene adalah rakyat kalangan menengah ke bawah,” ujar legislator DKI Jakarta III itu.

Sebagaimana diketahui, Dirut BRI Sunarso meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM”. Acara ini digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi media atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan berat sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi. Krisis multi sektor akibat pandemi Covid-19 telah menggerogoti sendi-sendi perekonomian.

Sektor UMKM yang dulu menjadi pahlawan karena berhasil menopang ekonomi saat krisis 1998, tak berdaya melawan pandemi. Banyak pelaku UMKM kembang kempis, meminta restrukturisasi, bahkan ada yang sampai gulung tikar.

Baca juga : Sunarso, Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM

BRI sebagai bank pelat merah yang konsen membiayai pengusaha cilik, mampu memainkan perannya. Keberhasilan ini tak lepas dari tangan dingin Sunarso selaku Direktur Utama BRI. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.