Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Telepon Mustafa Şentop, Ucapkan Belasungkawa Gempa Turki

Rabu, 8 Februari 2023 21:55 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menelepon Ketua Parlemen Turki Mustafa Şentop, untuk mengucapkan duka cita dan turut berbelasungkawa atas musibah gempa dengan magnitudo 7,8 yang terjadi di Turki. Sudah lebih dari 8.000 ribu orang meninggal akibat gempa itu.

Bamsoet menerangkan, Indonesia melalui KBRI Ankara telah mengirimkan paket bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk korban gempa Turki. Team KBRI yang dipimpin langsung Dubes RI Lalu Muhammad Iqbal sudah tiba di daerah gempa untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan mengevakuasi WNI yang terdampak ke Ankara.

Baca juga : Telepon Dubes M Iqbal, Bamsoet Ucapkan Duka Cita Musibah Gempa Turki

“Bantuan yang diserahkan yakni satu kontainer bahan makanan disertai kompor gas portable beserta tabung gas, serta 300 selimut. Bantuan lainnya sedang disiapkan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Sosial," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat menelepon Mustafa Şentop, dari Jakarta, Rabu (8/2).

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Kementerian Agama juga sudah mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan salat gaib untuk mendoakan korban jiwa, sekaligus mendoakan agar Turki bisa segera melalui musibah ini. Pengurus Masjid Istiqlal rencananya juga akan menyelenggarakan salat gaib secara berjamaah, yang dilaksanakan setelah shalat Jumat berjamaah pada Jumat, 10 Februari 2023.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Theme Park Kelas Dunia KBS Park Bali

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, Indonesia dan Turki merupakan negara yang memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi dalam hal bencana gempa. Turki menjadi salah satu negara paling rawan gempa karena berada di garis patahan Bumi. Sementara Indonesia, rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Tidak salah jika Indonesia dan Turki saling meningkatkan kerjasama, baik dalam hal penanganan bencana gempa maupun dalam hal mengantisipasi potensi bencana gempa.

Kerja sama Indonesia dengan Turki terhadap penanganan bencana sudah terjalin sejak lama, baik dari sisi pemerintahan maupun antar masyarakat. Misalnya pada akhir 2022 lalu, Turki melalui Bulan Sabit Merah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur. Tahun 2020 lalu, Muhammadiyah AID menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa ke Pemerintah Daerah Bornova, Izmir, Turki.

Baca juga : Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Rekatkan Ikatan Soliditas Kebangsaan

“Jauh sebelumnya pada tahun 2011, saat Turki diguncang gempa hebat dengan magnitudo 7,2, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 8,93 miliar kepada Pemerintah Turki," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.