Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestari Ajak Publik Gotong Royong Atasi Darurat Literasi

Kamis, 9 Maret 2023 19:00 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Darurat literasi di Indonesia harus diatasi secara sistematis. Ini harus melibatkan semua pihak agar mampu mengakselerasi peningkatan kemampuan literasi anak bangsa secara nyata.

"Kondisi darurat literasi yang dialami bangsa ini harus segera diatasi dengan langkah nyata agar generasi penerus bangsa ini mampu memiliki daya saing," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/3).

Baca juga : Lestari: Perempuan Adat Pondasi Utama Pembangunan Berkelanjutan

Berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) tahun 2021, Indonesia saat ini sedang mengalami darurat literasi, yakni satu dari dua peserta didik jenjang SD sampai SMA belum mencapai kompetensi minimum literasi.

Menurut Lestari, sejumlah langkah terobosan, seperti penyediaan buku dan tenaga pustakawan di lembaga pendidikan dalam upaya peningkatan literasi yang dilakukan pemerintah harus konsisten dilakukan.

Baca juga : HNW Ajak Alumni Gontor Bela Umat Dan Negara

Selain itu, menurut Rerie sapaan akrab Lestari, pihak swasta dan masyarakat juga harus berkolaborasi dengan pemerintah dalam penyediaan bahan bacaan yang bermanfaat bagi para peserta didik.

Di sisi lain, tambah Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, pola belajar yang diterapkan juga harus mampu mendorong dan menumbuhkan minat baca para pelajar sejak dini.

Baca juga : Lestari Ingatkan Pengembangan Pariwisata Nasional Harus Merata

Dengan penguatan dari sisi ketersediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca para peserta didik yang konsisten, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap, kemampuan literasi anak bangsa dapat meningkat secara signifikan.

Tentu saja, tegas Rerie, berbagai upaya yang dilakukan itu membutuhkan dukungan dan komitmen yang kuat dari semua pihak, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam mewujudkan minat baca sejak dini dan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu di lingkungan masing-masing. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.