Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Raih Penghargaan GCI

Yandri Ajak Gotong Royong Selamatkan Lingkungan

Kamis, 2 Maret 2023 17:30 WIB
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menerima Chairman of The Board GCI Fahad Attamimi dan stafnya Roland di ruang kerja pimpinan MPR, Lantai 9, Komplek Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3). (Foto: Istimewa)
 
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menerima Chairman of The Board GCI Fahad Attamimi dan stafnya Roland di ruang kerja pimpinan MPR, Lantai 9, Komplek Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3). (Foto: Istimewa)  

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Yandri Susanto kedatangan dua tamu dari Green Climate International (GCI). Kedatangan Chairman of The Board GCI Fahad Attamimi dan stafnya Roland disambut dengan hangat di ruang kerja pimpinan MPR, Lantai 9, Komplek Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3). 

GCI merupakan organisasi yang bergerak, konsen, dan peduli pada masalah lingkungan hidup. Organisasi ini beralamatkan di Harry Banninkstraat 52, 1011 DD Amsterdam The Netherlands. CGI merupakan salah satu organisasi lingkungan hidup dunia. Meski berada di Eropa namun tokoh-tokoh GCI adalah orang-orang Indonesia.   

Kedatangan mereka ke Indonesia untuk memberikan penghargaan kepada Yandri Susanto atas kepeduliannya terhadap isu lingkungan hidup yang selama ini ia lakukan.  

Atas penghargaan yang diberikan, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengucapkan terima kasih kepada pimpinan GCI. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan GCI yang sudah datang dari Belanda," ujarnya.

Baca juga : Pj Bupati Muba Raih Penghargaan Inovasi Permodelan Pendampingan Sawit Rakyat

Dia merasa bangga sebagai salah satu orang Asia dan Indonesia yang diakui oleh organisasi tersebut yang mampu menginisiasi masyarakat berperan dalam lingkungan hidup. Disebut, GCI saat ini tengah konsen memperhatikan keberadaan lingkungan di Indonesia.   

Pria asal Bengkulu itu mengakui bahwa sejak kecil sudah peduli pada masalah lingkungan hidup. Di kampung halamannya, di Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, ia sudah mengkampanyekan Gerakan menanam pohon dan menjaga kebersihan di tempat-tempat publik seperti pemandian umum.

"Ketika masyarakat belum paham akan pentingnya lingkungan yang lestari dan hijau, saya sudah melakukan aksi nyata tentang lingkungan," ujarnya.  

Dengan demikian bila pihak GCI hari ini datang untuk memberi penghargaan kepada dirinya hal demikian menurutnya nyambung dengan semangat dirinya. Untuk itu ia akan mendukung GCI.

Baca juga : ASN Didorong Beri Contoh Gunakan Angkutan Umum

Dirinya berharap semua komponen dan stakeholder yang ada di Indonesia perlu menyambut baik kehadiran organisasi itu. "Jangan sampai ada kecurigaan dan penghalangan terhadap organisasi apa pun," tuturnya.  

Ditambahkan, seluruh pihak wajib mendukung organisasi seperti ini sebab cita-citanya sangat mulia yakni agar lingkungan terselamatkan yang ujungnya pada keselamatan manusia sebagai penghuni di muka bumi ini. "Paru-paru dunia kan ada di Indonesia," tegasnya.  

Yandri mengucapkan terima kasih kepada GCI atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan yang diberikan menjadi pemacu dan pemicu untuk bagi dirinya untuk terus berkonsentrasi dan berkontribusi kepada lingkungan.

"Saya meminta dan memanggil kepada seluruh anak bangsa untuk satu nafas, gerakan, dan jiwa bahwa sejatinya lingkungan itu harus diselamatkan. Lingkungan yang ada ditegaskan bukan untuk kita porak porandakan," tegasnya.  

Baca juga : Indonesia Raih Penghargaan MURI Pendaratan Pertama Seaplane Di Atas Danau

Diingatkan bila kita menyelamatkan lingkungan, sejatinya tengah menyelamatkan diri kita sendiri. "Kalau kita berkhidmat untuk menyelamatkan lingkungan sejatinya menyelamatkan jiwa kita sendiri," tuturnya.  

Kedatangan GCI ke Indonesia dikatakan sangat tepat. Ia berharap organisasi ini bisa bekerja sama dengan Pemerintah, Lembaga negara, LSM, dan pihak-pihak yang peduli pada lingkungan hidup. Yandri menambahkan, tidak ada alasan pemerintah Indonesia tidak mendukung GCI. "Saya doakan semoga GCI menjadi organisasi favorit di dunia,” harapnya.  

Ia siap mendukung GCI dan sepakat dengan program-program lembaga ini. Program yang ada bisa disinergikan dengan MPR. Sebab terkait isu lingkungan, orang yang benar-benar pancasilais adalah orang-orang yang tidak merusak lingkungan, tidak merusak harmonisasi alam.

"Di UUD NRI Tahun 1945 pun juga banyak pasal dan ayat yang mengatur isu lingkungan. Jadi masalah lingkungan cocok dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR. Kalau lingkungan terselamatkan, manusia akan selamat," tandasnya.   
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.