Dark/Light Mode

Sarasehan Kehumasan

MPR Ingatkan Pentingnya Keterwakilan Daerah Dalam Lembaga Perwakilan

Jumat, 10 Maret 2023 13:24 WIB
Sarasehan Kehumasan MPR di Universitas Sang Bumi Ruwa Jarai, Bandar Lampung, Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)
Sarasehan Kehumasan MPR di Universitas Sang Bumi Ruwa Jarai, Bandar Lampung, Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota MPR RI dari DPD Bustami Zainudin menyampaikan prinsip utama sebuah negara paling tidak memenuhi tiga unsur. Yakni rakyat, wilayah, dan pemerintahan. Rakyat direpresentasikan oleh DPR melalui partai politik. Sedangkan wilayah, direpresentasikan melalui DPD.

"Di sinilah pentingnya keterwakilan daerah dalam lembaga perwakilan Indonesia. Melalui DPD, kita harus senantiasa memupuk semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam menjaga NKRI. Melalui apa? Salah satunya adalah melalui kegiatan sarasehan pada hari ini," kata Bustami saat Sarasehan Kehumasan MPR di Universitas Sang Bumi Ruwa Jarai, Bandar Lampung, Kamis (9/3).

Karenanya, dia menyarankan, sebagai generasi muda, mahasiswa harus menjadi orang hebat di masa depan. Mahasiswa harus juga dapat menghadapi globalisasi dan beragam tantangan. Sebab generasi muda lah yang paling banyak berhadapan sangat intens di setiap aktivitas bersamaan dengan kemajuan teknologi.

Baca juga : Kerahkan Kereta Inspeksi, KAI Pastikan Kesiapan Angkutan Lebaran 2023

Narasumber lainnya, Dr. Idham menyampaikan tema Nasionalisme Kebangsaan Pemuda Indonesia Era Globalisasi. Nasionalisme artinya paham yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi harus diserahkan kepada negara dan bangsa.

Kedua nilai kebangsaan, seseorang harus memiliki loyalitas artinya nurut, manut, patuh, tidak menentang, kemudian tidak ikut-ikut dalam kegiatan-kegiatan yang akan membuat perpecahan di kalangan anak-anak bangsa.

Idham berharap, Empat Pilar MPR menjadi salah satu metode untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada para mahasiswa terhadap pemahaman yang berkaitan dengan kebangsaan.

Baca juga : Kalangan Industri Dan Akademisi Kembangkan Tanaman Nilam Sebagai Produk Wewangian

Sebelumnya (Plt) Deputi Administrasi Setjen MPR Siti Fauziah membuka penyelenggaraan kegiatan Sarasehan Kehumasan MPR, Menyapa Sahabat Kebangsaan dengan tema Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Pentingnya Keterwakilan Daerah Dalam Lembaga Perwakilan Indonesia.

Dia menjelaskan mengapa MPR memakai diksi Menyapa Sahabat Kebangsaan. "Ini mengajak adik-adik, bapak, ibu yang hadir di sini untuk menjadi sahabat MPR. Kita ingin berbagi cerita," ungkapnya.

Bagi yang jauh dari Jakarta, lanjutnya, MPR mempunyai beberapa alat komunikasi seperti instagram dan juga buku digital yang bisa didownload di appstore. Buku digital MPR bisa dimanfaatkan untuk melihat hasil kerja MPR.

Baca juga : Mendagri Minta Kepala Daerah Cek Langsung Ke Lapangan

Di dalamnya terdapat proseding, makalah, resume, majalah MPR, dan lain-lain. Selain itu, Siti Fauziah juga menyampaikan, jika para mahasiswa dari Universitas Sang Bumi Ruwa Jarai ingin berkunjung ke MPR, dipersilahkan berkirim surat ke Biro Humas dan Sistem Informasi MPR.

Hadir dalam acara itu Ketua Yayasan Saburai Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR Indro Gutomo, serta sekitar 100 mahasiswa sebagai peserta. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.