Dark/Light Mode

Melani Suharli Apresiasi Peran Pertamina Hulu Energi Jaga Ketahanan Energi

Senin, 12 Juni 2023 20:41 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli (Foto:  Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli mengapresiasi dan mendukung strategi yang dijalankan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam memenuhi kebutuhan energi nasional untuk menjaga ketahanan energi.

"PT Pertamina Hulu Energi, atau disingkat PHE selaku Subholding Upstream, berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional," ujar Melani, saat memberikan sambutan dalam "Sosialisasi Kebijakan Energi Nasional”, di Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

PHE, anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas, hingga akhir tahun 2020 mengelola 37 wilayah kerja (blok) yang terletak di Indonesia maupun di luar Indonesia.

"Pada tahun 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68 persen produksi minyak nasional dan 34 persen produksi gas nasional," terang Politisi Partai Demokrat ini.

Melani melanjutkan, berdasarkan data Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), bauran komposisi energi akan berubah perlahan hingga tahun 2050.

Energi baru terbarukan akan mendominasi kebutuhan energi nasional. Sejalan dengan hal tersebut, volume kebutuhan akan energi fosil pun akan terus meningkat.

"Sehingga PHE sebagai kontributor utama harus konsisten menjalankan proses bisnis secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi nasional," ingat Melani.

Baca juga : Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Muda Hidup Sehat Dan Jaga Kebugaran

Anggota Parlemen tiga periode ini kemudian merinci tiga strategi utama PHE untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.

Pertama, untuk melawan laju penurunan alamiah (natural declining rate) di wilayah kerja eksisting, PHE melakukan pengeboran sumur pengembangan dan perawatan sumur.

Strategi kedua, PHE juga melakukan pengeboran sumur eksplorasi untuk mencari potensi cadangan baru untuk menjaga keberlanjutan bisnis.

"Dan ketiga, strategi terakhir, PHE menjalankan akuisisi di wilayah kerja baru dengan bekerja sama melalui partner dan melakukan ekspansi," terangnya.

 

Sementara dalam rangka mendukung Green Strategy PT Pertamina (Persero), kata Melani, PHE berupaya melakukan berbagai macam program dekarbonisasi.

Salah satunya, melalui pemanfaatan sumber energi gas sebagai energi transisi yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Baca juga : Heru Apresiasi Gerak Cepat Pembukaan Dan Penataan Trotoar Di Depan Kedubes Amerika

Hal ini tercermin dari project gas yang telah diresmikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada tahun 2022, yaitu Proyek Strategis Nasional pengembangan lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Jawa Timur.

Juga, temuan potensi cadangan gas melalui pengeboran sumur eksplorasi di beberapa wilayah Indonesia.

"Seluruh strategi yang dijalankan memiliki kebutuhan pendanaan yang tidak sedikit sehingga PHE perlu mendapatkan dukungan dari berbagai aspek," ungkap putri Pahlawan Nasional dr Johannes Leimena ini.

Dukungan tersebut, di antaranya pendanaan dan langkah-langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasional bisa berjalan lancar untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Melani kemudian mengingatkan, saat ini negara kita merupakan negara net importir minyak.

Produksi minyak dalam negeri belum bisa memenuhi kebutuhan minyak nasional sehingga diperlukan komitmen pemenuhan target produksi minyak nasional.

"Dengan tersedianya investasi, baik melalui pasar keuangan maupun partnership, maka PHE dapat berkembang dan menjaga keberlanjutan hulu migas nasional serta diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan migas dalam negeri," tutur Melani.

Baca juga : 27 Pengprov Teqball Diharapkan Perbanyak Gelar Kejuaraan Daerah

Dia memastikan terus memberikan dukungan kepada PHE untuk terus berkembang dan maju.

Sehingga peranannya dalam mendukung kemajuan benar-benar memberikan manfaat untuk masyarakat.

"Jika masyarakat kuat, maka kemajuan bukan hal yang tak mungkin bisa digapai dan tentunya akan membawa perekonomian Indonesia semakin baik di masa depan," harapnya.

"Semoga PHE juga akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance," sambung Melani, menutup sambutannya, sekaligus membuka acara sosialisasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.