Dark/Light Mode

Kementan Optimalkan Lahan Rawa

Swasembada Pangan Bakal Kembali Diraih

Selasa, 12 Desember 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi VI DPR Khilmi. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Khilmi. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menilai program mengoptimasi lahan rawa mineral dan membangun kawasan Food Estate sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan dalam negeri patut didukung. Program Kementerian Pertanian (Kementan) ini diyakini bakal kembali mewujudkan swasembada pangan.

Anggota Komisi VI DPR Khilmi mengatakan, di bawah kepemimpinan Mentan Amran Sulaiman, swasembada pangan bisa tercapai dengan baik. Tero­bosan Amran ini bakal mampu membawa perubahan besar terhadap tata kelola pertanian.

“Pertanian kita saat ini sudah mulai bertransformasi menuju pertanian modern. Penggunaan alat mesin pertanian baik traktor maupun combine harvester akan berkontribusi besar kepada pen­ingkatan produksi nasional,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Menteri Per­tahanan (Wamenhan) M Herin­dra menyampaikan terima kasih atas perhatian besar Kementeri­an Pertanian (Kementan) dalam memperkuat ketahanan pangan. Hal ini melalui program Food Estate di sejumlah daerah.

Baca juga : Harga Pangan DKI Naik Tak Terkendali

Dia yakin, program optimasi lahan rawa serta pembangunan pertanian Food Estate akan berdampak besar para kekuatan pangan nasional.

“Apa yang saat ini diharap­kan masyarakat akan segera terealisasi. Pangan kita bisa diproduksi sendiri di dalam negeri,” ujar Herindra bersama Amran Sulaiman saat meninjau kegiatan Food Estate untuk tanaman jagung di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Ten­gah, Senin (11/12/2023).

Herindra mengatakan, awal­nya pembangunan Food Estate ini mendapat banyak masukan dari masyarakat luas. Namun pada akhirnya, masukan tersebut dapat dijawab secara cepat me­lalui keberhasilan pertanaman.

“Pada awalnya sebagian ma­syarakat sangsi dan sempat jadi perdebatan. Tapi kita lihat sendiri, saat ini di lapangan alhamdulillah apa yang kita kerjakan bisa berhasil,” katanya.

Baca juga : BNPT Ingatkan Mahasiswa UI Waspada Penyebaran Ideologi Kekerasan

Sementara, Amran Sulaiman optimistis lahan jagung seluas 600 hektare di kawasan Food Estate ini dapat ditangani dengan baik. Terutama melalui kolab­orasi yang kuat antara Kementan dan Kemenhan.

“Food estate ini untuk masa depan anak cucu kita, untuk generasi ke depan. Ini adalah kontribusi kita memberi pangan masyarakat dunia. Ini mimpi besar kita, mimpi besar Bapak Presiden, juga mimpi besar Kemhan. Semua on progress. Saya optimistis segera bisa di­tangani,” kata Amran.

Bagi Amran, Food Estate yang dikerjakan ini sudah sangat ba­gus karena jagung yang ditanam memiliki kualitas panen yang sangat besar. Hal ini terlihat dari keragaan daun dan batang yang tumbuh sesuai dengan kondisi pertanaman di Kalimantan.

Karena itu, dia mengajak masyarakat bahu membahu mendukung upaya Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan jagung nasional, sehingga tidak perlu diributkan secara meluas.

Baca juga : Hoaxs Cuma Sementara, Bisa Dikalahkan Dengan Budaya & Semangat Persatuan

“Kami percaya enam bulan ke depan, tiga sampai enam bulan masalah ini selesai,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 12/12/2023 dengan judul Kementan Optimalkan Lahan Rawa, Swasembada Pangan Bakal Kembali Diraih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.