Dark/Light Mode

Sabam Sirait: THR Kami Buat Rakyat Saja

Jumat, 17 April 2020 15:21 WIB
Sabam Sirait (Foto: Istimewa)
Sabam Sirait (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Instruksi Presiden Jokowi untuk tidak membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada sejumlah pejabat sebagaimana diumunkan Menteri Keuangan Sri Mulyani disetujui politisi senior Sabam Sirait. Menurut politisi yang sudah terjun ke dunia politik sejak zaman Bung Karno itu, di tengah kesulitan menghadapi pandemi Covid-19, dirinya sangat setuju bila tidak ada THR untuk Presiden, Wapres, para menteri, anggota DPR, DPD, MPR, kepala daerah, anggota DPRD, serta pegawai eselon 1 dan 2.

"Ide itu sangat bagus. Kita harus utamakan rakyat. THR kami anggota DPD RI, buat rakyat saja. Rakyat kita sangat membutuhkan," kata anggota DPD RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta, Jumat (17/4).

Baca juga : Kadin Minta Pasokan Setrum Tetap Dijaga

Sabam juga setuju bila THR untuk pelaksana eselon 3 ke bawah tetap dibayarkan. Termasuk yang setara yang dengan pelaksana eselon 3 ke bawah dari kalangan TNI dan Polri. "Kalau untuk eselon tiga ke bawah, mungkin mereka sudah ada perencanaan sejak tahun lalu. Saya setuju kalau yang ini tetap dibayar," jelas Sabam, yang menjadi juru kampanye nasional saat pertama kali Jokowi maju dalam Pilkada Solo.

Saat ini, sambung Sabam, adalah momentum yang sangat tepat untuk saling berbagai satu sama lain. Apalagi bagi pejabat negara yang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada. "Kita tidak akan kekurangan dengan membantu rakyat dan orang lain. Juga tidak akan ada kelebihan kalau tidak membantu orang lain. Maka bantulah dengan kemampuan masing-masing," jelas Sabam.

Baca juga : Kabar Baik dari PBSI, Pelatih Hendry Negatif Corona

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, Presiden, Wapres, anggota DPR, dan pejabat negara lainnya tidak akan mendapat THR pada 2020. Sri Mulyani menyampaikan hal tersebut melalui konferensi video setelah mengikuti Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor.

Selanjutnya, kata Sri Mulyani, Presiden mengatakan THR akan dibayarkan untuk seluruh ASN, TNI, Polri yang posisinya sampai dengan eselon 3 ke bawah. Untuk pensiunan, mereka juga dapat THR sesuai dengan THR tahun lalu, karena pensiun juga termasuk kelompok rentan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.