Dark/Light Mode

Strategi 7 Provinsi Ini Bisa Dicontoh Daerah Lain dalam Kendalikan Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 15:04 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuh provinsi yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Tengah, Riau, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur menunjukkan tren baik dalam pengendalikan Covid-19. Saat itu, tidak terjadi penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di tujuh provinsi itu.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi upaya pemerintah daerah/kepala daerah di tujuh provinsi tersebut dalam menangani serta mengendalikan persebaran Covid-19. Dia pun berharap agar semua daerah dapat mencontoh maupun memperketat disiplin sosial sehingga tidak terjadi penambahan jumlah kasus positif Covid-19 seperti tujuh provinsi itu.

Baca juga : BIN Punya Peran Signifikan dalam Perang Melawan Covid-19

“Saya mendorong pemerintah (Gugus Tugas Covid-19) mengkaji langkah dan upaya/strategi pemerintah daerah/kepala daerah di tujuh provinsi tersebut dalam menerapkan kebijakan maupun protokol kesehatan sehingga dapat dijadikan acuan bagi daerah lainnya dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Daerah-daerah tersebut memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Kamis (28/5).

Mantan Ketua DPR ini juga mendorong Gugus Tugas Covid-19 mengkaji dan mengevaluasi aspek-aspek yang mungkin terjadi jika relaksasi diberlakukan untuk wilayah-wilayah dengan tren kasus yang baik. Evaluasi itu guna membangkitkan produktivitas masyarakat yang tetap aman dari Covid-19.

Baca juga : Ini Catatan Penting Gempari Dalam Penanganan Covid-19

Untuk masyarakat, Bamsoet mengimbau agar terus berupaya mendisiplinkan diri dalam melakukan protokol kesehatan, physical distancing, dan patuh pada kebijakan pemerintah. “Ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengendalikan wabah Covid-19,” tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.