Dark/Light Mode

Komisi VII DPR Minta Pertamina Segera Persiapkan Pemulihan Operasi Kilang Balongan

Senin, 29 Maret 2021 14:08 WIB
Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno meminta Pertamina memberikan penjelasan terkait penyebab kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat. Dia juga meminta Pertamina segera melakukan pemulihan operasi kilang agar distribusi bahan bakar berjalan lancar.

"Kami meminta Pertamina segera memberikan penjelasan perihal penyebab kebakaran objek vital Kilang Balongan dan segera mempersiapkan langkah-langkah pemulihan operasi kilang," kata Eddy, dalam keterangannya, Senin (29/3).

Baca juga : Kerahkan Tim Inafis, Polisi Selidiki Penyebab Terbakarnya Kilang Minyak Balongan

Sekjen PAN itu menyampaikan, pihaknya akan segera memanggil direksi Pertamina untuk meminta penjelasan terkait kronologis kebakaran Kilang Balongan. "Harus ada upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali," tegasnya.

Sementara itu, Corporate Secretary Subholding Refining Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, aktivitas distribusi pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk masyarakat tidak terganggu. Distribusi BBM tetap berjalan baik meski ada insiden kebakaran Kilang Balongan. "Pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," kata Ifki, dalam keterangannya, Senin (29/3).

Baca juga : Lawan Persita, Persib Langsung Pasang Farshad

Insiden kebakaran Kilang Balongan terjadi pada tangki T-301G sekitar pukul 00.45 WIB dini hari. Saat itu, kondisi sedang hujan lebat disertai petir. Nyala api kebakaran terlihat hingga jarak 5 kilometer.

Ratusan warga melakukan evakuasi ke tempat aman menjauhi lokasi kebakaran. Mereka yang mengungsi merupakan warga dari Desa Balongan, desa paling dekat dengan tempat kejadian. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.