Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerumunan Di Mana-mana

Cak Imin Khawatir Ada Ledakan Covid-19 Setelah Lebaran 

Sabtu, 15 Mei 2021 13:08 WIB
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram/cakiminnow)
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram/cakiminnow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar meminta semua pihak mengantisipasi potensi ledakan kasus Covid-19 setelah perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Cara yang paling efektif adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Kita berharap jangan sampai ada ledakan kasus pasca-Lebaran. Kalau bisa, tetap di rumah saja. Tapi, kalau memang harus keluar rumah, ya tolong jaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama," ujar Ketua Umum PKB ini, Sabtu (15/5), seperti dikutip Antara

Baca juga : Kedubes Malaysia Sampaikan Ucapan Selamat Lebaran

Politisi yang akrab disapa Cak Imin menilai, langkah pemerintah melarang mudik Lebaran sebagai upaya antisipasi terjadinya ledakan kasus Covid-19 sudah baik. Namun, belum ada jaminan bahwa tidak akan terjadi ledakan kasus baru. Sebab, sejak beberapa hari menjelang Lebaran maupun saat hari H Lebaran, kerumunan orang masih terjadi di mana-mana.

"Menjelang Lebaran, mall, pasar, kuburan dan tempat-tempat strategis lainnya masih tidak terkendali. Larangan mudik juga masih banyak yang diterobos. Ironisnya, perkumpulan massa di lokasi-lokasi strategis banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti penggunaan masker, hand sanitizer maupun jaga jarak," bebernya.

Baca juga : Pesan Dokter: Jangan Reuni Bareng Sahabat Dan Kerabat Saat Lebaran

Dia menyadari, memang tidak mudah mengendalikan pergerakan masyarakat. Meskipun sudah dibuat berbagai peraturan pembatasan dan lainnya, namun fakta di lapangan masyarakat masih cenderung bebas bergerak dan melakukan pertemuan tatap muka secara masif. Karena itu, Cak Imin mengingatkan bahwa harus ada kesadaran pribadi untuk tetap disiplin menjaga diri dan keluarga terhadap potensi tertular virus.

"Saat ini, seolah-olah masyarakat ini sudah kurang peduli dan merasa tidak ada apa-apa lagi. Padahal kalau kita lihat data harian kasus Covid-19 masih cukup tinggi. Memang kondisi seperti ini membosankan, tapi bagaimana pun menjaga kesehatan diri dan keluarga itu harus jadi prioritas," katanya.

Baca juga : Indonesia Masuki Fase Rawan Ledakan Covid-19

Ketua Tim Pengawas Penanganan Bencana Covid-19 DPR itu juga meminta ke pemerintah agar program vaksinasi dipercepat pasca-Lebaran ini. Sehingga potensi kekebalan tubuh masyarakat dari serangan virus semakin baik.

Untuk masyarakat yang sudah divaksin, Cak Imin meminta, jangan pernah berpikir sudah aman lalu abai prokes. Sebab, vaksinasi hanya merupakan ikhtiar untuk mengurangi laju penularan, bukan berarti masyarakat kebal dari serangan virus. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.