Dark/Light Mode

Ahmad Ali: Di Masa Pandemi, Budidaya Perikanan Jadi Sektor Andalan

Rabu, 14 Juli 2021 16:17 WIB
Ketua Fraksi NasDem DPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menunjukkan udang vaname saat meninjau tambak udang vaname di Desa Sarjo dan Manakara, Pasangkayu, Sulawesi Barat, Selasa (13/7). (Foto: Istimewa)
Ketua Fraksi NasDem DPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menunjukkan udang vaname saat meninjau tambak udang vaname di Desa Sarjo dan Manakara, Pasangkayu, Sulawesi Barat, Selasa (13/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi NasDem DPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali meninjau tambak udang vaname di Desa Sarjo dan Manakara, Pasangkayu, Sulawesi Barat, Selasa (13/7). Bersama masyarakat sekitar, Ahmad Ali, yang didampingi Ketua DPRD Sulawesi Tengah Nilam Sari Lawira ikut memanen udang dengan nama latin litopenaeus vannamei.

Menuju ke lokasi tambak, Ahmad Ali bersama komunitas Sepeda RB Palu, Sulteng, menggowes sepeda sejauh 81 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2.45 jam perjalanan. Menurut Ahmad Ali, Indonesia memiliki harapan besar pada sektor perikanan dan kelautan.

"Saat ini, sektor andalan kita adalah perikanan, dan tentu kelautan. Meski sedang dilanda pandemi yang merontokkan semua sendi perekonomian, perikanan masih tampil perkasa, menunjukkan daya tahannya. Sehingga, kita berharap sektor ini terus menjadi garda terdepan dalam pemulihan ekonomi nasional," ujar Ahmad Ali.

Harapan itu akan tercapai, tambah Ahmad Ali, asalkan semua lini bisa bersinergi satu sama lain. "Kita bisa mengambil contoh terdekat di budidaya udang vaname ini. Di sini ada Pak Rudy, mewakili pengusaha tambak. Pengusaha dan masyarakat betul-betul berbaur dalam pola kemitraan. Ada yang punya lahan, bibit, teknologi, tenaga dan modal. Semua bermitra. Dengan teknologi modern, mereka bisa menghasilkan udang dengan kualitas ekspor," jelasnya.

Ahmad Ali meminta Pemerintah serius meningkatkan taraf hidup petambak dan nelayan. "Kuncinya ya di Pemerintah, baik pusat maupun daerah. Jika kita ingin pembudidaya udang, ikan dan sejenisnya sejahtera, pemerintah harus mempermudah akses permodalan dan pemasaran, serta dukungan inovasi teknologi. Saya juga perintahkan anggota Fraksi NasDem di Komisi IV DPR untuk ikut dukung program pemerintah yang pro rakyat," tandas Ahmad Ali.

Ketua DPRD Sulawesi Tengah Nilam Sari Lawira mengatakan, akan mendorong Pemerintah Daerah untuk mengembangkan usaha budidaya udang vaname. "Sekarang, sudah ada tambak udang vaname di Desa Sejoli, Parigi Moutong. Kedepan, kita akan minta Pemprov Sulteng memfasilitasi dan berikan dukungan modal untuk para pembudidaya supaya udang berkualitas ekspor ini menjadi varietas unggulan di seluruh kabupaten/kota," ujar Nilam.

Dukungan dari Pemda saja tidak cukup, kata Nilam, harus ada keterlibatan dari pengusaha dan stakeholder yang lain. "Kemarin, saya dan Pak Gubernur Sulteng sudah berkomitmen untuk membuka ruang investasi, terutama pada sektor-sektor yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil. Permudah prosesnya, bantu usahanya. InsyaAllah, Sulteng akan maju dan sejahtera," tutup Ketua Dewan Pakar DPW NasDem Sulteng ini. [KAL]