Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PKU Muhammadiyah Prambanan Jadi RS Darurat Covid-19 Di Klaten

Jumat, 2 Juli 2021 14:02 WIB
RS PKU Muhammadiyah Prambanan (Foto: Istimewa)
RS PKU Muhammadiyah Prambanan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Prambanan resmi dioperasikan sebagai RS Darurat khusus pasien Covid-19 di Kabupaten Klaten. Keberadaan RS Darurat ini diharapkan menunjang kebutuhan penanganan Covid-19 di Kota Bersinar.

Pihak RS PKU Muhammadiyah Prambanan menyediakan 50 unit tempat tidur pasien isolasi Covid-19. Tiga di antaranya merupakan tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) yang dilengkapi dengan ventilator.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Prambanan Dien Kalbu mengatakan, guna menunjang layanan, saat ini terdapat 22 perawat yang bersiaga. Selain itu, fasilitas lain seperti unit radiologi dan laboratorium juga siap digunakan.

“Pembangunan RS PKU Muhammadiyah Prambanan baru selesai kurang lebih satu bulan. Namun fasilitas yang dibutuhkan untuk penanganan dan perawatan pasien Covid-19, sudah tersedia dan siap digunakan. Secara umum, kami sudah siap beroperasi sebagai RS Darurat Covid-19,” ungkapnya, seperti dikutip portal berita Pemprov Jawa Tengah, Jumat (2/7).

Dalam melayani pasien Covid-19, RS PKU Muhammadiyah Prambanan juga menyiapkan dua unit ambulans. Satu di antaranya merupakan ambulans gawat darurat, dengan fasilitas penanganan pasien selama perjalanan serta tim pemulasaraan jenazah pasien Covid-19.

Dien menambahkan, pihaknya juga ditunjang tenaga kesehatan yang bersiaga dari RS PKU Muhammadiyah Delanggu. “Karena beroperasi sebagai RS Darurat, kami berada di bawah tanggung jawab RS PKU Muhammadiyah Delanggu. Jadi, selain nakes yang bersiaga di Prambanan, kami juga mendapat back up dari RS PKU Muhammadiyah Delanggu,” katanya.

Bupati Klaten Sri Mulyani hadir langsung untuk memastikan kesiapan RS Darurat Covid-19 di Kabupaten Klaten, Kamis (1/7). Keberadaan RS khusus ini dinilai sangat membantu penanggulangan Covid-19, mengingat saat ini kondisi bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 di Klaten mencapai 100 persen.

“Selain 50 tempat tidur yang sudah disiapkan, namun jika ada kondisi yang darurat, kami harap fasilitas yang ada di RS PKU Muhammadiyah Prambanan dapat digunakan secara maksimal. Tentu kami juga berharap agar kurva cepat melandai dan terkendali,” ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.