Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tampil Di Opera Van Java

Bamsoet Sosialisasikan Empat Pilar Dengan Gaya Jenaka

Rabu, 29 September 2021 13:19 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berbatik) saat tampil di Opera Van Java Trans7, Selasa malam (29/9). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berbatik) saat tampil di Opera Van Java Trans7, Selasa malam (29/9). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo melakukan berbagai metode dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR. Yang terbaru, politisi yang akrab disapa Bamsoet ini ikut tampil di Opera Van Java, di Trans7, Jakarta, Selasa malam (28/9).

Bamsoet menuturkan, pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar MPR harus memiliki resonansi ke seluruh penjur Tanah Air. Karenanya, penggunaan media massa dan media sosial dalam melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR perlu terus dimasifkan. 

"Sosialisasi Empat Pilar MPR bisa dilakukan menggunakan program-program di televisi yang memiliki rating penonton tinggi dan digemari masyarakat luas. Semisal, Opera Van Java. Penyampaian materi nilai-nilai kebangsaan bisa diberikan secara ringan, segar dan jenaka, tanpa mengurangi nilai subtansi kebangsaan," ujarnya, usai tampil di Opera Van Java.

Bamsoet tampil bersama Parto Patrio, Denny Cagur, Mpok Alpa, Rina Nose, dan Azis Gagap. Serta bintang tamu Bripda Mustakim. 

Ketua DPR ke-20 memaparkan, cara-cara konvensional dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR melalui ceramah-ceramah resmi dari satu tempat ke tempat lain, sudah agak tertinggal di tengah kemajuan teknologi yang ada. Terlebih, saat ini berdasarkan data Internet World-Stats per akhir Maret 2021, tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 212,35 juta user. Sementara, We Are Social dan Hootsuite 2000 mencatat tingkat penetrasi internet melalui smartphone di Indonesia mencapai 96 persen.

"Pemanfaatan teknologi dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR adalah suatu keniscayaan. Semua pihak harus mampu beradaptasi. Karenanya, saya banyak melakukan sosialisasi melalui berbagai platform media sosial, semisal Youtube, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menegaskan, pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar MPR RI perlu menyasar seluruh kelompok umur. Mulai dari usia Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Untuk itu, perlu dikaji metode yang tepat dan efektif bagi kelompok-kelompok usia tersebut. 

"Materi sosialisasi perlu dibuat beragam. Selama ini kita tidak banyak memiliki jenis materi untuk semua kelompok sasaran. Ke depan, perlu disusun materi yang berbeda dan disesuaikan dengan kelompok sasaran. Membuat komik, film animasi, film berdurasi pendek 3 atau 5 menit, lagu Empat Pilar, stand up comedy dan lain-lain sebagai sarana penyampaian sosialisasi Empat Pilar MPR RI perlu terus dikembangkan," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.