Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sesjen MPR: Humas Perlu Ciptakan Informasi Yang Mengedukasi

Kamis, 11 November 2021 10:42 WIB
Sesjen MPR Maruf Cahyono saat sambutan Puncak Pekan Kehumasan MPR 
di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11). (Foto: Ist)
Sesjen MPR Maruf Cahyono saat sambutan Puncak Pekan Kehumasan MPR di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesjen MPR Maruf Cahyono mengungkapkan, Pekan Kehumasan MPR yang digelar di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, dari tanggal 8 hingga 11 November 2021, merupakan  momentum yang memiliki arti penting bagi Kehumasan MPR.

Hadir dalam puncak acara Pekan Kehumasan, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR, Budi Muliawan, erta ratusan peserta yang terdiri dari pecinta buku, wartawan, dan masyarakat lainnya.

Dalam Pekan Kehumasan MPR, selain digelar berbagai pameran, seperti foto, Perpustakaan MPR, dan PPID, juga ada lomba karya tulis, lomba foto, dan launching Buku Digital MPR dan novel yang berjudul Meraih Mimpi.

Baca juga : Suami Ceraikan Istri Yang Tak Ber-make-up

Ma’ruf Cahyono mengatakan, Pekan Kehumasan MPR merupakan ruang untuk menstimulasi dan melihat kembali tugas-tugas kehumasan.

"Dalam bidang kehumasan banyak stake holder yang terlibat. Salah satu di antaranya jurnalistik atau wartawan. Untuk itulah kegiatan ini diakui dekat dengan bidang jurnalistik," kata Maruf saat memberi kata sambutan pada puncak acara Pekan Kehumasan, Rabu (10/11).

Bicara tentang kehumasan, menurut Ma’ruf, secara langsung atau tidak langsung, akan terkait dengan penyebaran informasi. Diharap kehumasan dalam menyebarkan informasi tak hanya tentang kabar dan berita namun juga mampu mengedukasi. "Pekan Kehumasan diharap tak hanya memberi informasi namun juga diharap mampu memberi edukasi," pintanya.

Baca juga : Didalami KPK, Usulan Dan Pengurusan DID Tabanan Yang Berujung Korupsi

Untuk itulah, lomba-lomba yang ada menyisipkan pesan dan ajakan untuk meningkatkan literasi. "Harapan saya literasi menjadi stimulan dan edukasi bagi dunia kehumasan. Semua itu penting dilakukan agar kelak bermuara membangun kepercayaan kepada masyarakat," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Cahyono mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang ke acara Pekan Kehumasan MPR. Kedatangan masyarakat di rumah wakil rakyat diharap dimaksimalkan.

Dengan kehadiran mereka ke komplek parlemen ini, diharap memberi kesadaran baru bahwa kerja MPR tidak hanya pada masalah ketatanegaraan namun juga pada masalah-masalah yang lain.

Baca juga : Peparnas Papua Ajang Atlet Muda Torehkan Prestasi Dan Regenerasi

"Datang ke gedung ini merupakan tempat pembelajaran tepat tentang MPR," ujarnya.

Disebutkannya, salah satu tugas MPR adalah merawat nilai-nilai kebangsaan lewat Sosialisasi Empat Pilar yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ma’ruf Cahyono mengajak kepada semua untuk menjaga pondasi bangsa Indonesia agar tetap kokok berdiri.

"Pondasi bangsa kita adalah Pancasila. Nilai-nilai tersebut perlu diinternalisasikan kepada seluruh elemen masyarakat, dengan berbagai cara," tandasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.