Dark/Light Mode

Bane Isi Materi Komunikasi Politik

Hasto: Sekolah Partai Lahirkan Calon Pemimpin Ideologis

Sabtu, 27 November 2021 15:08 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. PDIP)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP terus melakukan konsolidasi dan pematangan kader seluruh Indonesia melalui pendidikan Sekolah Partai. Kali ini, Pendidikan Kader Pratama dilakukan DPC PDIP Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan, Sekolah Partai merupakan bagian dari sistem kaderisasi yang dibangun PDIP untuk menempa para kadernya agar menjadi calon pemimpin terbaik bagi masyarakat. Sekolah Partai melibatkan tiga pilar partai yakni kader di struktural, legislatif, serta eksekutif.

Baca juga : Tok, Puan Resmi Sahkan Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI

“Sekolah Partai juga merupakan bentuk tanggung jawab kami untuk melakukan kaderisasi dan menyiapkan calon pemimpin yang baik, pemimpin yang merakyat serta memiliki spirit pengabdian pada rakyat, pada bangsa dan negara tanpa menghitung untung rugi,” kata Hasto, Sabtu (27/11).

Sekolah Partai mulai dilaksanakan PDIP sejak 2015 dan konsisten dilakukan hingga saat ini. Di acara dilaksanakan sekolah untuk calon kepala daerah, sekolah calon anggota legislatif, sekolah calon pemimpin partai, sekolah sekretaris partai, hingga sekolah bendahara partai. Sekolah Partai juga menjadi bukti akan komitmen PDIP yang menempatkan kaderisasi kepemimpinan sebagai proses yang sistemik agar seluruh kader memahami aspek kepemimpinan mumpuni.

Baca juga : Relawan Sahabat Ganjar Mantapkan Niat Hantarkan Ganjar Jadi Pemimpin Indonesia 2024

Salah satu pemateri dalam Pendidikan Kader Pratama DPC PDIP Kabupaten Asahan, adalah Bane Raja Manalu. Tokoh muda yang sudah memberikan materi di Sekolah Partai sejak 2015 itu akan menyampaikan materi tentang komunikasi politik pada Minggu, 28 November 2021.

“Ibu Megawati Soekarnoputri sering berpesan bahwa Sekolah Partai harus jadi bagian dari sistem kaderisasi yang dibangun demi menghasilkan calon pemimpin yang berproses dari bawah, untuk mengabdi pada bangsa dan negara Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : NasDem Targetkan Raih 9 Kursi DPRD Bandung

Pendidikan Kader Pratama dilaksanakan DPC PDIP Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, mulai 26 November hingga 28 November 2021. Berbagai materi yang disampaikan dalam pendidikan itu di antaranya mengenai ideologi Pancasila, Trisakti dan Nawacita, tata kelola organisasi, analisis sosial dan perencanaan pembangunan desa, komunikasi politik, serta strategi pemenangan Pemilu.

Pemateri lain dalam Pendidikan Kader Pratama DPC PDIP Kabupaten Asahan di antaranya Ketua DPD PDIP Sumatra Utara Rapidin Simbolon, Ketua DPC PDIP Kabupaten Asahan Rosmansyah, Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumatra Utara Mangapul Purba. Pada hari terakhir, peserta pendidikan akan mendapat materi tentang tata kelola pemerintahan dari Bupati Asahan Surya, Bupati Batu Bara Zahir M, dan Wali Kota Tanjungbalai Waris. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.