Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research

Golkar-Demokrat Merosot, PSI Terus Nanjak

Minggu, 9 Januari 2022 13:27 WIB
Hasil survei elektabilitas partai politik Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research. (Foto: Istimewa)
Hasil survei elektabilitas partai politik Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas Partai Golkar dan Partai Demokrat mengalami penurunan dalam tiga bulan belakangan.

Partai Golkar turun dari 8,7 persen menjadi 7,0 persen, sedangkan Partai Demokrat anjlok dari 10,6 persen menjadi 4,9 persen.

Partai Demokrat yang sepanjang tahun 2021 menikmati lonjakan elektabilitas tampaknya kehilangan momentum, seiring redanya konflik di tubuh partai berlogo mercy tersebut.

Sementara itu, Golkar meskipun turun tetapi kembali ke posisi ketiga, setelah PDI Perjuangan dan Gerindra. PDI Perjuangan juga turun, tetapi tetap unggul dengan elektabilitas mencapai 16,7 persen, disusul Gerindra 13,5 persen.

Baca juga : Kamhar: Kami Terus Berikhtiar

Secara umum partai-partai cenderung stagnan, hanya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengalami tren kenaikan elektabilitas dan kini mencapai 5,4 persen.

"Elektabilitas partai-partai politik cenderung stagnan, sementara itu Golkar dan Demokrat turun, sedangkan PSI terus naik," ungkap peneliti indEX Research Reza Reinaldi dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (9/1).

Menurut Reza, kenaikan elektabilitas PSI terutama disumbang dari strategi partai pro-milenial tersebut di ibukota Jakarta. Terakhir, dalam peringatan ulang tahun ketujuh PSI, ketua umum Giring Ganesha menghebohkan publik dengan pernyataan menolak capres pembohong.

Dalam pidatonya, Giring menyatakan bahwa Indonesia bakal suram jika dipimpin oleh sosok pembohong dan pernah dipecat oleh Presiden Jokowi. Publik mengaitkan dengan figur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang pernah menjabat Menteri Pendidikan pada kabinet Jokowi.

Baca juga : 2 Lembaga Survei Ini Sebut Tren Elektabilitas Demokrat Terus Naik

Komentar pedas kembali dilontarkan Giring saat meninjau lokasi sirkuit Formula E yang masih berupa lumpur becek. PSI menentang keras rencana balap mobil listrik yang digadang-gadang Anies, bahkan sempat mendorong digelarnya interpelasi.

Strategi PSI menjadikan Anies sebagai sasaran tembak didasarkan pada tingginya elektabilitas Anies dalam bursa calon presiden. Baik PSI maupun Anies sama-sama sedang berupaya untuk merangsek ke pertarungan di tingkat nasional.

Selain Demokrat dan PSI, partai-partai lain yang berada pada papan tengah adalah PKB (6,1 persen), PKS (5,5 persen), dan Nasdem (4,0 persen).

"Total sebanyak delapan parpol berhasil mengamankan diri di atas ketentuan parliamentary threshold," lanjut Reza.

Baca juga : Saling Percaya, Modal Simic Cetak Gol Buat Persija

Beberapa parpol terancam tidak bisa kembali ke Senayan, yaitu PPP (2,5 persen) dan PAN (1,1 persen). Dua parpol baru masih harus berjuang keras supaya bisa lolos ke Senayan, yaitu Partai Ummat (1,3 persen) dan Gelora (1,0 persen). Sisanya berada di papan bawah, yaitu Perindo (0,8 persen), Hanura (0,6 persen), PBB (0,3 persen), PKPI (0,2 persen), dan Berkarya (0,1 persen).

Garuda dan Masyumi Reborn nihil dukungan, pilihan lainnya 0,9 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 28,1 persen.

Survei Index Research dilakukan pada 26 Desember 2021-5 Januari 2022 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi, dipilih secara acak bertingkat, diwawancara secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. Margin of error ±2,9 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.