Dark/Light Mode

Pemilu Semakin Dekat, Dinamika Berkarya Terus Memanas

Selasa, 8 Februari 2022 08:12 WIB
Ilustrasi. Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Beringin Karya (Berkarya). (Ist)
Ilustrasi. Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Beringin Karya (Berkarya). (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Beringin Karya (Berkarya) pimpinan Muchdi PR tidak ambil pusing dengan munculnya nama-nama pengurus Berkarya kubu Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Pasalnya, kepengurusan yang legal saat ini adalah kubu Muchdi PR.

“Tinggal dibedakan, mana yang waras, mana yang tidak. Kan ada aturan yang mengikat,” kata Badarudin Andi Picunang, Sekretaris Jenderal Partai Berkarya kubu Muchdi PR, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini merupakan reaksi atas pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Provinsi Banten kubu Tommy Soeharto yang menetapkan menantu Siti Hadijanti Rukmana atau Mbak Tutut, Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis sebagai Ketua DPW Banten.

Baca juga : Tinjau Serbuan Vaksinasi Di Sorong , Andika: Kegiatan Ini Bakal Terus Dilakukan

Pelantikan menantu anak Soeharto ini digelar di Hotel Le Dian, Serang pada Selasa (1/2). Padahal, Ketum Muchdi lebih dahulu melantik Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Banten.

Ihwal ini, Badar mengatakan, tidak bisa melarang keinginan seseorang untuk berkumpul. Termasuk, membuat kepengurusan DPW Banten. Politisi asal Belopa, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu berpegang teguh kepada hukum bahwa kepengurusannya sah sesuai SK Kementerian Hukum dan HAM.

Dikatakan, kepengurusan hasil SK Kemenkumham No 17 itu sudah memenuhi syarat mengikuti tahapan Pemilu. Di antaranya, 100 persen kepengurusan DPW Provinsi, 75 persen Kabupaten atau Kota dan 50 persen DPC Kecamatan.

Baca juga : Hasil Liga Spanyol: El Real Kokoh Di Puncak, Barca Tembus 4 Besar

“Jadi, kepengurusan kubu sebelah yang belum merapat ke Partai Berkarya yang legal, tidak bisa bertindak sebagai pengurus partai,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Berkarya Kota Cilegon Kubu Tommy Soeharto, yaitu Rebudin mengamini terjadi transisi kepemimpinan daerah dari Wali Kota Helldy, kepada Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis sebagai Ketua DPW Banten.

Ajie Sulistyo terpilih melalui Rapat Pengurus Wilayah I Partai Berkarya Provinsi Banten. Sebelum digelarnya pemilihan Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Banten, terlebih dahulu dilakukan pelantikan para Ketua DPD Partai Berkarya Tingkat Kabupaten Kota di Banten.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, Layanan Keimigrasian Jakarta Tetap Buka

“Dengan begini, Pak Helldy yang menyeberang ke partai lain, resmi digantikan suaminya cucu Pak Soeharto,” ujar Rebudin. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.