Dark/Light Mode

PDIP: Selamat Ultah Presiden Jokowi, Kepemimpinan Visioner Penuh Semangat Kerakyatan Andalan Kemajuan Negeri

Jumat, 21 Juni 2019 10:37 WIB
Hasto Kristiyanto (Foto: Ade Al Kautsar/RM)
Hasto Kristiyanto (Foto: Ade Al Kautsar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi genap berusia 58 tahun. Ucapan selamat pun mengalir dari banyak kalangan. Termasuk dari Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDIP.

“Dalam ulang tahun ke-58 Pak Jokowi, kami mendoakan agar Beliau mendapat rahmat, kesehatan, panjang umur, dan semangat yang menyala-nyala untuk terus berdedikasi bagi rakyat, bangsa, dan negara. Kepemimpinan Pak Jokowi pada periode kedua nanti diharapkan tidak hanya menyelesaikan berbagai persoalan mendasar guna meningkatkan kesejahteraan, keadilan, dan membangun kebudayaan bangsa; namun diyakini akan membawa kemajuan di seluruh lini kehidupan.  Dalam tanggung jawab Indonesia bagi dunia, maka kami berharap kepemimpinan Beliau juga akan memerkuat semangat membangun persaudaraan dunia," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (21/6).

Baca juga : Dorong Peningkatan Jumlah Siswa Yang Belajar Ke Negeri Paman Sam

Hasto lalu bercerita bercerita mengenai sosok Soekarno. Kata dia, pada 1955 saja Indonesia sudah mampu menjadi “light star” bagi bangsa-bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika di Bandung. Sejak itulah, Bung Karno terus membangun tata dunia baru berdasarkan Pancasila.

Setelah bangsa-bangsa di Asia Afrika dan Amerika Latin merdeka, Bung Karno berpandangan bahwa negara-negara yang baru merdeka tersebut akan berhadapan dengan dunia yang terbagi menjadi dua blok, Blok Barat dengan pimpinan Amerika Serikat, dan Blok Timur dipimpin Uni Sovyet. Keduanya mengandung benih-benih imperialisme.

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik Arinal dan Chusnunia Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

Dengan konsistensinya melawan kapitalisme dan imperialisme, Bung Karno menggagas lahirnya Gerakan Non-Blok di Beograd, Yugoslavia yang sudah menerapkan sosialisme ala Eropa. Gerakan Non-Blok berpihak pada perdamaian dunia. Itulah kepeloporan Indonesia membangun persaudaraan dunia.

Kini, tambah Hasto, PDIP juga percaya bahwa Jokowi pun terus mengambil semangat juang Bung Karno, juga kepemimpinan Megawati Soekarnoputri yang kokoh dalam prinsip, berkomitmen pada tata pemerintahan yang baik dengan the dream cabinetnya yang mampu menyelesaikan berbagai krisis.

Baca juga : Silaturahmi AHY Dengan Jokowi dan Megawati, Jangan Dimaknai Sebatas Urusan Kursi Menteri

“Kepemimpinan Pak Jokowi tidak hanya visioner, namun juga menghadirkan kekuasaan langsung di rumah rakyat. Kepemimpinan yang merakyat, andalan bagi kemajuan negeri,” ucapnya.

"Selamat ulang tahun Pak Jokowi. Di 21 Juni bertepatan dengan wafatnya Bung Karno. Dalam perspektif, spiritualitas bangsa, hal itu bukan kebetulan," tuturnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.