Dark/Light Mode

Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia Joseph Donovan

Dorong Peningkatan Jumlah Siswa Yang Belajar Ke Negeri Paman Sam

Kamis, 20 Juni 2019 08:33 WIB
Dubes Joseph Donovan (kanan) bersama Marie Royce mengumumkan skema beasiswa baru di Museum MACAN, Kebun Jeruk, Jakarta, Selasa (17/6) lalu. (Foto : Diananda R/RM).
Dubes Joseph Donovan (kanan) bersama Marie Royce mengumumkan skema beasiswa baru di Museum MACAN, Kebun Jeruk, Jakarta, Selasa (17/6) lalu. (Foto : Diananda R/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di momen perayaan 70 tahun hubungan bilateral Amerika Serikat dengan Indonesia, Duta Besar AS di Jakarta Joseph Donovan terus menggenjot berbagai hal baru.

Di bidang pendidikan dan budaya, Dubes Donovan berharap ada lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang belajar ke Paman Sam. Untuk itu, pemerintah AS pun mengeluarkan sejumlah skema beasiswa baru.

Dubes Donovan mendampingi Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Marie Royce di Museum MACAN, Kebun Jeruk, Jakarta, Selasa (17/6), untuk mengumumkan kabar baik bagi yang mau melanjutkan pendidikan ke AS.

Baca juga : Promosikan Yoga Bareng Kemenpar

Dubes Donovan dan Marie Royce menyatakan, Kedutaan Besar AS menyediakan dana khusus untuk serangkaian beasiswa bagi masyarakat Indonesia.

“Inisiatif Kedubes AS mencakup beasiswa tingkat S2 melalui program Fullbright dan program sertifikat untuk empat area,” beber Marie, didampingi Dubes Donovan.

Dia menjelaskan, program sertifikat tersebut mencakup empat area. Yakni administrasi bisnis, edukasi anak usia dini, teknologi dan informasi, dan manajemen pariwisata dan perhotelan.

Baca juga : Pamitan Ke Teman-teman Di Surabaya

Saat ini, lanjut Marie, ada lebih dari 9.000 WNI yang sedang menempuh pendidikan di AS. Dia berharap, ke depannya jumlah itu akan terus bertambah. “Saya ingin mendorong lebih banyak anak muda untuk belajar di AS.

Kami memiliki sekitar 4.700 community college dan universitas. Pasti ada tempat untuk semua orang,” tambahnya.

Marie menekankan, universitas di AS menghargai siswa yang berasal dari Indonesia. Sebab, kata dia, mahasiswa Indonesia membawa keberagaman dan ide baru di ruang kelas.

Baca juga : Senang Gamelan Jadi Tenar Di Generasi Muda Seoul

“AS dan Indonesia memiliki kesamaan. Yaitu menghargai keberagaman dan suka mempelajari kebudayaan asing. Untuk itu, kami ingin mengajak lebih banyak lagi anak Indonesia belajar ke AS,” timpal Dubes Donovan.

Dia mengatakan, peningkatan kerja sama antara AS dan Indonesia tercermin melalui kemajuan dalam program pertukaran pendidikannya. “Lebih dari 10.000 WNI telah berpartisipasi dalam sejumlah program pertukaran kami,” jelas Donovan.

Program pertukaran pendidikan, tambahnya, akan memperkuat hubungan antara institusi akademik, bisnis, dan masyarakat kedua negara. Sementara terkait detail menyangkut beasiswa ini, menurut Marie, akan diumumkan lebih lanjut. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.