Dark/Light Mode

Silaturahmi Ke Ponpes Krapyak, AHY Didoakan Bu Nyai, Para Kiai, Dan Santri

Kamis, 7 April 2022 13:10 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberi salam ke Nyai Hj Ida Fatimah Zainal saat bersilaturahmi ke Ponpes Al Munawir, Krapyak, Yogyakarta, Rabu (6/4). (Foto: Dok. PD)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberi salam ke Nyai Hj Ida Fatimah Zainal saat bersilaturahmi ke Ponpes Al Munawir, Krapyak, Yogyakarta, Rabu (6/4). (Foto: Dok. PD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan Safari Ramadhan 1443 Hijriah di Yogyakarta dengan bersilaturahmi ke Ponpes Al Munawir, Krapyak, Rabu (6/4). Kedatangan AHY disambut langsung Ibu Nyai Hj Ida Fatimah Zainal, istri almarhum Mbah Kiai Zainal, putra almarhum KH Muhammad Munawir, yang mendirikan pesantren bersejarah ini pada 1911. Semasa hidupnya almarhum Mbah Kiai Zainal dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Nyai Ida dekat dengan almarhumah Ani Yudhoyono.

"Sudah lama saya ingin ke Krapyak, namun baru sekarang ada kesempatannya. Tadi pagi saya juga cerita ke Pak SBY bahwa akan mampir ke sini. Beliau titip salam buat semuanya,” ucap AHY, yang mengenakan baju Muslim dan sarung khas Yogya dengan motif parang, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (7/4).

"Alhamdulillah, waktu saya ditelepon Pak (Munawar) Fuad (Ketua Departemen 8 DPP PD) bahwa Mas AHY akan silaturahmi ke sini, saya sangat senang. Alhamdulillah masih ingat saya, dan almarhum Mbah Zainal,” ujar Nyai Ida, di ruang tamu yang bersahaja, didampingi sejumlah pimpinan pondok pesantren.

Baca juga : Bali United Vs Persebaya, Juara Liga 1 Di Depan Mata

Nyai Ida mengaku langsung buka-buka kitab dan menemukan sebuah hadits. "Rasulullah SAW pernah bersabda Mas, peliharalah sahabat-sahabat dari orang tuamu, insya Allah besok di hari kiamat bersinarlah wajahnya. Mudah-mudahan apa yang disabdakan Rasulullah SAW benar-benar terjadi,” sambung Ibu Nyai. "Silaturahmi menambah umur, menambah rezeki."

Nyai Ida bersama para kiai kemudian bersama-sama mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono, mendoakan AHY, serta mendoakan Indonesia agar menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghaffur (makmur, baik dibawah lindungan Allah yang Maha Pengampun).

Sebelum AHY pamit, para santri laki-laki maupun perempuan secara spontan minta foto bersama. Mereka juga mendoakan AHY agar sukses dalam perjalanannya.

Baca juga : Jalin Silaturahmi, Kapolres Malang Sambangi Para Tokoh Agama

Ponpes Al Munawir Krapyak merupakan pondok pesantren tertua di Yogyakarta. Semula didirikan untuk menghafal Al-Qur'an, ponpes Al Munawir kini berkembang pesat, dengan ribuan santri.

Pada kunjungan kali ini, AHY didampingi, Wasekjen Agust Jovan Latuconsina, Kepala Departemen Agama dan Sosial DPP Partai Demokrat Munawar Fuad, Kabalitbang Tomi Satryatomo, Ketua DPD Partai Demokrat DIY Erlia Risti, serta Sekretaris DPD Fuad Burhan.

Dari pihak ponpes, Nyai Ida didampingi pimpinan pengasuh ponpes KH R Abdul Hamid Abdul Qadir, Ketua Takmir Masjid Al Munawir Krapyak KH Muhtarom Busyro, Imam Masjid Al Munawir Krapyak KH Fuad Asnawi, Ketua Yayasan Al Munawir Krapyak KH Fairuzi Afiq Dalhar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.