Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei LSP: Elektabilitas Elit Parpol Menguat, Prabowo Dan Puan Paling Fenomenal

Senin, 20 Juni 2022 13:39 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Ust)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Ust)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil survei terbarunya. Salah satunya, mengukur elektabilitas sejumlah tokoh nasional yang dianggap potensial menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, menjadi capres dengan tingkat elektabilitas tertinggi dengan perolehan 27,7 persen.

"Dari hasil survei ini untuk sementara waktu belum ada capres yang secara sengit mendekati, atau bahkan menyamai apalagi melewati tingkat keterpilihan Prabowo. Meskipun perlahan, angka elektabilitas Prabowo terus mengalami peningkatan mendekati perolehan suaranya pada pemilu 2019 lalu," ungkap peneliti LSP Indra Nuryadin, saat merilis hasil survei secara daring, Senin (20/6).

Baca juga : Survei LSJ Tempatkan Prabowo Sebagai Capres Terpopuler Dan Paling Disukai

Padahal, Prabowo belum menunjukkan intensinya menjadi calon Presiden, baik dengan mendeklarasikan diri ataupun melakukan kerja-kerja pemenangan.

Indra pun memprediksi, Prabowo bisa unggul jauh dari calon-calon lainnya jika sudah mendeklarasikan diri sebagai capres, yang otomatis akan menjalankan mesin politiknya.

"Hal ini juga terpotret dari kecenderungan peningkatan suara yang didapat dari hasil-hasil survei beberapa lembaga survei," imbuhnya.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Jauh di Atas Ketum Parpol Lain

Sementara dua capres pesaing terdekat Prabowo, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, berada pada angka yang neck to neck.

Perolehan keduanya hanya berjarak 0,3 persen. Anies mendapatkan 16,8 persen, sementara Ganjar sebesar 16,5 persen.

Yang menarik, survei ini menunjukkan, elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani mulai merangkak naik. Secara perlahan, politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini berhasil memangkas selisih dengan calon lain.

Baca juga : Anies Baswedan Masih Punya Waktu Nyalip Kok

Dia mulai mendekati Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan selisih suara hanya 0,4 persen.

AHY yang berada di posisi kelima, meraih 5,7 persen. Sementara Puan Maharani meraih 5,3 persen. "Bukan tidak mungkin Puan dalam beberapa bulan ke depan, dapat melampaui Ganjar dan Anies," tuturnya.

Indra mengingatkan, masih ada waktu yang cukup panjang bagi para calon untuk menaikkan elektabilitasnya. Sebab, sebanyak 12,1 persen responden, belum menentukan pilihannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.