Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kader Golkar Kudu Gaungkan Keberhasilan Kinerja Airlangga Hartarto

Jumat, 16 Desember 2022 08:39 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Silvanus Alvin mengatakan, Partai Golkar harus berani bergerak agar mendapatkan dampak positif. Terlebih lagi Golkar kini sudah memiliki aplikasi Golkar Indonesia.

“Ketika tahu Golkar juga berani bergerak, ini positif bagi Golkar dan Airlangga serta masa depan politik Indonesia,” tegas Alvin, Kamis (15/12). 

Di era serba digital, partai politik harus beradaptasi. Termasuk saat Golkar merilis aplikasi Golkar Indonesia, harus terus didorong lebih informatif dan diakses oleh masyarakat luas. 

Jadi, memang pola politik sekarang harus membentuk fanbase di ranah digital, karena publik terpapar informasi dari digital. Kemudian diberitakan dan disebarluaskan oleh media massa. 

“Tinggal bagaimana menyampaikan atau memasarkan Apps Golkar Indonesia ke publik itu,” jelas Alvin. 

Baca juga : KSP: KUHP Baru Berikan Jaminan Kebebasan Beragama Lebih Baik

Langkah Golkar di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto masuk ke dunia digital diapreasi oleh Alvin. 

“Golkar yang sudah senior dalam perpolitikan Indonesia membuktikan ketangguhannya di bawah kepemimpinan Pak Airlangga untuk mau beradaptasi dengan zaman,” puji Alvin.

Kemudian, tidak bisa dilupakan, komunikasi politik para elite partai. 

“Ketika sudah menjadi politisi, berkomunikasi dengan media dan atau para influencer itu harus punya soft skills yang salah satunya public speaking. Kalau ini mungkin harus ada rapat koordinasi internal, ada arahan dari Pak Airlangga,“ tandas Alvin. 

Aplikasi Golkar ini nantinya harus berisi informasi tentang kegiatan, gagasan dan program partai. Masyarakat juga menyampaikan aspirasi dan bahkan Golkar harus berani diberi rating. 

Baca juga : Coca-Cola Luncurkan Kemasan Khusus Versi Piala Dunia Qatar 2022

“Bahkan seperti pola kerja Gojek, politisi Golkar harus berani diberi rating oleh publik berdasarkan kinerjanya,” ungkap Alvin.

Tugas Kader

Politisi Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno mengungkapkan, para kader Golkar harusnya mampu mengkapitalisasi kinerja apik Airlangga Hartarto dalam bidang perekonomian untuk mendongkrak elektabilitas.

Menurutnya, Airlangga sudah berhasil dalam stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi.

“Masyarakat mungkin banyak yang tidak paham. Itu tugas kita. Jangan semua diserahkan ke Pak Airlangga. Seharusnya kader itu proaktif untuk menyebarkan pesan tersebut," tegas sosok yang akrab disapa Dave Laksono itu.

Baca juga : Heru Pastikan Ketersediaan Stok Komoditas Pangan Terjaga Jelang Nataru

Menurutnya, kader Golkar harus proaktif menyebarkan pesan terkait keberhasilan dan kinerja Menko Perekonomian itu dalam menakhodai ekonomi Indonesia. Kader partai bertugas dan bertanggung jawab terhadap penyebaran dan ketersampaian pesan tersebut.

"Pak Airlangga telah bekerja luar biasa, untuk kepentingan bangsa dan negara ini. Sudah terbukti hasilnya, pertumbuhan ekonomi yang stabil, terus kita keluar dari pandemi tanpa mengalami resesi ekonomi berat," ujarnya.

Dave juga mengungkapkan pentingnya upaya untuk mengingatkan masyarakat terkait capaian ekonomi Indonesia sebagai buah kinerja dari Airlangga Hartarto.

"Kita mengingatkan masyarakat agar paham bahwa bantuan langsung untuk UMKM itu dari mana digelontorkan, terus investasi itu bagaimana mereka bisa masuk. Sebagai Menko saja sudah bisa berhasil luar biasa. Apalagi kalau beliau menjadi Presiden RI nanti," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.