Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kami Lebih Suka Menyebut Diri Pejuang Politik

Senin, 6 Februari 2023 08:39 WIB
Sekjen Gerindra,Ahmad Muzani (foto: Putu Wahyu/RM)
Sekjen Gerindra,Ahmad Muzani (foto: Putu Wahyu/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemeja partai yang dikenakan Prabowo sangat khas. Warna putih dan celana panjang krem. Kantongnya banyak. Tentang seragam ini rupanya ada ceritanya. 

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menceritakan, desain seragam partai, adalah pilihan Prabowo Subianto. Sebelum seragam, Muzani juga bercerita tentang mobil partai yang warnanya putih. 

“Ketika Gerindra dilahirkan tahun 2008, dekat waktunya ke pemilu. Support partai dari pusat ke daerah cukup besar. Kita pinjamkan mobil yang seluruhnya warna putih. Waktu itu, warna mobil kebanyakan hitam, silver. Yang putih langka dan susah dicari. Kami ini jadi pelopor mobil putih. Sekarang, warna mobil putih akhirnya menjadi tren,” katanya. 

Baca juga : Curi Monyet Dari Kebun Binatang

Lalu, seragam. “Awalnya, kemeja putih seperti baju buruh, dengan kerutan di bagian pinggang. Di bagian dada kanan kiri banyak lencana partainya,” kata dia. Setelah Pemilu 2009, Prabowo mengenalkan style baru, yang dipakai hingga sekarang. Yaitu, kemeja dengan kantong empat. 

Tanpa kerutan di pinggang, tapi lencana dan lambang partainya masih ada. Pada Pemilu 2014, Pak Prabowo tidak lagi mengenakan lencana-lencana partai. Hanya kemeja putih kantong empat dan celana panjang krem. Dan gaya itu digunakan sampai sekarang. 

Menariknya, kata Muzani, seperti terjadi masifikasi pada model seragam ini. Masyarakat menganggap setiap warna putih dan krem identik Gerindra. 

Baca juga : KPK Tambah Personel Penyelidik Dan Penyidik Dari Polri

“Inilah inovasi dan langkah maju. Sampai-sampai kami kaget, kalau ke bandara, kok banyak yang berbaju putih dan krem. Oh, ternyata itu juga seragam salah satu institusi BUMN,” katanya, sambil tertawa. 

Apakah model pakaian ini terinspirasi yang dipakai oleh Bung Karno? Pak Prabowo, kata Muzani, pernah mengatakan, kemeja dengan empat kantong ini terinspirasi dari baju yang dipakai banyak pejuang politik di masa lalu. Selain Bung Karno, ada Bung Syahrir, Bung Hatta, yang memakai baju model seperti itu. 

“Pak Prabowo lebih suka menyebut kita-kita ini sebagai pejuang politik. Bukan politisi. Pejuang politik itu melekat dalam diri, dan aktif. Sedangkan politisi, seperti kata sifat,” ujarnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.