Dark/Light Mode

Kalau Jadi Presiden, Anies Janji Teruskan Program IKN Nusantara

Kamis, 2 Maret 2023 19:18 WIB
Bacapres Koalisi Indonesia Perubahan Anies Baswedan (kanan) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam jumpa pers di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3). (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Bacapres Koalisi Indonesia Perubahan Anies Baswedan (kanan) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam jumpa pers di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3). (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden dari poros Koalisi Indonesia Perubahan (KIP) Anies Baswedan, memastikan akan melanjutkan seluruh program Presiden Jokowi yang telah diundangkan. Termasuk, program pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Anies janji, bakal melaksanakan amanat Undang-Undang, apabila terpilih menjadi Presiden.

Baca juga : TACO Dukung Pembangunan Proyek IKN Nusantara

"Kita semua, ketika dilantik tugas apa pun, sumpahnya melaksanakan undang-undang. IKN sudah jadi UU," kata Anies di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Kamis (2/3).

Menurutnya, perkembangan IKN saat ini berbeda dengan dua tahun lalu.

Baca juga : Bertemu Presiden Buruh Singapura, Andi Gani Pelajari Kemandirian Organisasi

IKN saat ini sudah disahkan dalam bentuk UU. Sementara dua tahun lalu, masih dalam bentuk gagasan.

"Saat itu, masih gagasan. Sehingga, kita masih bicara pro dan kontra. Kalau ini UU, siapa pun harus laksanakan UU," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : MK Kubur Ide Jabatan Presiden Diperpanjang

DPR telah resmi mengesahkan Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN) pada Januari 2022. Setelahnya, Presiden Jokowi meneken UU Nomor 3/2022 tentang IKN pada 15 Februari 2022. Menandai dimulainya pembangunan IKN di Kalimantan Timur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.