Dark/Light Mode

Survei IPO: Dukungan PBNU Beri Dampak Kenaikan Elektabilitas PAN

Sabtu, 11 Maret 2023 12:54 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
6. Partai Nasional Demokrat (7,2 persen)

7. Partai Amanat Nasional (5,0 persen)

8. Partai Keadilan Sejahtera (4,9 persen)

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Jabar Gelar Festival Seni Di Pondok Pesantren Tasikmalaya

9. Partai Persatuan Indonesia (4,1 persen)

10. Partai Persatuan Pembangunan (1,7 persen).

Survei tersebut dilakukan secara tatap muka melibatkan 1.200 responden. Pada tahap awal, IPO terlebih dulu menentukan sejumlah desa untuk menjadi sampel.

Baca juga : Dirjen Perkebunan Dorong Perkuat Kemitraan Majukan Kelapa Sawit

Pada setiap desa akan dipilih secara acak menggunakan random kish grid paper sejumlah 5 RT. Pada setiap RT dipilih 2 keluarga, dan setiap keluarga akan dipilih 1 responden dengan pembagian laki-laki untuk kuesioner bernomor ganjil, perempuan untuk bernomor kuesioner genap.

Total responden laki-laki dan perempuan pada pembagian 50:50 persen. Selanjutnya, pada tiap-tiap proses pemilihan selalu menggunakan alat bantu berupa lembar acak.

Survei ini memiliki margin of error 2,5 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen. Setting pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.