Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wacanakan Usung Ganjar Pranowo Dan Dipuji Jokowi, Elektabilitas PAN Beranjak Naik

Sabtu, 11 Maret 2023 15:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan, elektabilitas partai Amanat Nasional (PAN) terus naik. Pujian Jokowi karena PAN mewacanakan mengusung Ganjar Pranowo disebut sebagai salah satu faktor pendongkraknya.

Pada survei nasional IPO yang digelar 1-7 Maret 2023, posisi PAN berada di urutan 7 besar dengan tingkat elektabilitas 5,0 persen.

PAN naik dua peringkat dari hasil survei IPO pada Oktober 2022. Pada Oktober tahun lalu, partai yang dinakhodai Zulkifli Hasan itu berada di urutan 9 dengan elektabilitas 2,1 persen.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah menilai, tren terus naiknya elektabilitas PAN sebagai sesuatu yang menarik.

Baca juga : Ganjar-Prabowo Diapit Jokowi Di Kebumen, Pengamat : Jika Berduet, Potensi Menang Satu Putaran

"Kenaikan elektabilitas PAN ini menarik, karena PAN termasuk partai yang mudah naik, juga turun. Kenaikan kali ini berdekatan dengan momentum ketika PAN menyuarakan Ganjar Pranowo sebagai capres. Bukan tidak mungkin situasi ini berdampak pada PAN," ujarnya, Sabtu (11/3).

Selain itu, Dedi menilai, ada beberapa faktor lain yang turut mendongkrak elektabilitas partai berlogo matahari tersebut. Salah satunya, karena posisi ketua umumnya sebagai Menteri Perdagangan yang saat ini memiliki kedekatan dengan Jokowi.

"Terlebih dalam beberapa waktu ini PAN juga sedang ter-endorse oleh Presiden Jokowi, mulai dari soal kinerja Kemendag yang dinilai membaik, juga kedekatan Presiden pada PAN. Ini pun bisa menjadi faktor alternatif mengapa PAN alami peningkatan elektabilitas," terang Dedi.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Partai Amanat Nasional (PAN) yang mulai mendekati Ganjar Pranowo untuk menggenjot suara di Jawa Tengah saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Amanat Nasional (PAN) di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2). 

Baca juga : Ganjar Pranowo Dukung Penguatan Demokrasi Di Era Digital

Ganjar yang turut hadir dalam acara Rakornas tersebut juga disambut antusias oleh kader PAN, bahkan Zulhas, sapaan Ketum PAN, memuji Ganjar sebagai pemimpin yang bekerja keras dan mendidikasikan hidupnya digunakan untuk rakyat.

Berikut elektabilitas 10 besar partai politik versi survei IPO saat responden ditanya "Jika hari ini dilaksanakan pemilihan umum, partai politik apa yang akan Bapak/Ibu pilih?"

1. PDI Perjuangan (23,9 persen)

2. Partai Golkar (11,5 persen)

Baca juga : Ganjar Pranowo Sowan Ke Tuan Guru Babussalam Besilam

3. Partai Demokrat (10,1 persen)

4. Partai Gerindra (9,9 persen)

5. Partai Kebangkitan Bangsa (7,6 persen)
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.