Dark/Light Mode

Moncer Di Jatim Dan Jateng, Perindo Tembus Papan Tengah

Kamis, 30 Maret 2023 10:11 WIB
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) mengungkap hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam survei itu, elektabilitas Partai Perindo meningkat signifikan di dua provinsi tersebut.

Di Jawa Timur (Jatim), elektabilitas Partai Perindo merangsek naik sebagai partai papan tengah dengan memperoleh elektabilitas 5,2 persen. Elektabilitas Partai Perindo mengungguli tiga partai parlemen, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Di Jawa Tengah (Jateng), elektabilitas Partai Perindo juga meroket menjadi 5,1 persen. Pada survei tersebut, Partai Perindo pun mengungguli PPP dan PAN di Jateng yang perolehan suaranya tidak mencapai 5 persen

Baca juga : Ganjar Optimis Tahun Ini Jateng 100 Persen Bebas BAB Sembarangan

"Partai besutan Hary Tanoesoedibjo berhasil merangsek menjadi partai papan tengah dengan elektabilitas sebesar 5,1 persen di Jawa Tengah dan 5,2 persen di Jawa Timur," kata Peneliti SRS, Edwin Abdul saat memaparkan hasil survei terbaru tersebut secara daring, Rabu (29/3).

Sebelumnya, pada Pemilu 2019, Partai Perindo meraih sekitar 2,1 persen suara di Jateng dan 2,3 persen di Jatim.

Abdul menyampaikan meningkatnya elektabilitas  berpengaruh besar terhadap Partai Perindo yang diprediksi akan lolos ke Senayan pada Pemilu 2024. Ini lantaran wilayah Jatim dan Jateng  merupakan wilayah dengan lumbung suara terbesar, begitupun dengan Jawa Barat (Jabar).

Baca juga : Menkes Beberin Pemicu Antrean Panjang Pasien

"Keberhasilan mencapai elektabilitas di atas 5 persen tersebut akan berpengaruh besar pada lolosnya Partai Perindo menembus parliamentary threshold pada Pemilu 2024 mendatang," tuturnya.

Survei dilakukan melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka. Margin of error pada survei ini diklaim kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Adapun, dalam upaya meraup suara double digit pada Pemilu 2024, Partai Perindo telah melakukan berbagai langkah strategis untuk memperkuat mesin partai di Jateng, Jatim, Banten dan Jabar.

Baca juga : NasDem Jabar Minta Jangan Pernah Lengah

Selain memperkuat program Partai Perindo, Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) melantik para Ketua DPW Partai Perindo baru di Pulau Jawa, antara lain melantik Mayjen TNI (Purn) Wuryanto sebagai Ketua DPW Partai Perindo Jateng, pada Senin (23/1). Kemudian, HT melantik Letjen TNI (Purn) R Wisnoe Prasetja Boedi sebagai Ketua DPW Partai Perindo Jatim, pada Jumat (27/1).

Lantas, HT melantik Mayor Jenderal TNI (Purn) Joko Warsito menjadi Ketua DPW Partai Perindo Banten, pada Senin (6/2). Terbaru, HT melantik Brigjen TNI (Purn) Umar Sanusi menjadi Ketua DPW Partai Perindo Jabar pada Senin (20/3).

Diketahui, survei ini dilakukan pada 16-23 Maret 2023 di Provinsi Jatim dan Jateng. Sebanyak 1.200 responden dari 2 provinsi mengikuti survei ini dan seluruh responden sudah berusia 17 tahun. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.