Dark/Light Mode

Sowan Ke Ponpes Giri Kusumo

Muzani: Gerindra Dapat Pesan Jaga Persatuan

Jumat, 9 Juni 2023 19:09 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani bersilaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren Giri Kusumo, KH Munif Muhammad Zuhri atau Mbah Munif, di Demak, Jawa Tengah, Kamis (8/6). (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani bersilaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren Giri Kusumo, KH Munif Muhammad Zuhri atau Mbah Munif, di Demak, Jawa Tengah, Kamis (8/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani bersyukur bisa mewakili partainya bersilaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren Giri Kusumo, KH Munif Muhammad Zuhri atau Mbah Munif, di Demak, Jawa Tengah, Kamis (8/6).

Muzani menceritakan, Sang Kiai menitipkan pesan kepada Partai Gerindra untuk menjaga persatuan. Sehingga, kebersamaan dan persaudaraan antar sesama anak bangsa bisa tetap terjaga dengan baik.

Baca juga : Relawan Kenalkan Ganjar Lewat Pelatihan Memanah Di Palembang

"Kesimpulan saya, bahwa apa yang ada dalam pikiran Mbah Munif adalah keselamatan bangsa, keselamatan negara, persatuan rakyat, dan persatuan umat," ujar Muzani, melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Jumat (9/6).

Kontestan Pemilu 2024, termasuk Gerindra, ungkapnya, terus mendapatkan wanti-wanti agar mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segala-segalanya. Intinya, pilihan partai politik maupun presiden boleh berbeda. Tetapi kesatuan umat dan rakyat di atas segalanya.

Baca juga : Gerindra Ngajak PKB Sama-sama Evaluasi...

Muzani mengatakan, pesan Mbah Munif ini akan disampaikan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sekaligus calon presiden yang diusung pada Pilpres 2024. Menurutnya, Prabowo memiliki pandangan yang sama dengan Mbah Munif.

"Saya kira, pandangan Pak Prabowo terhadap ini sangat sejalan dengan pesan-pesan para kyai, tidak hanya Mbah Munif. Bagi Pak Prabowo, tidak ada gunanya apabila tidak ada persatuan dalam sebuah kepemimpinan. Tidak ada pembangunan, tidak ada kesejahteraan apabila rakyat tidak bersatu," jelasnya.

Baca juga : Dukung Prabowo Di Pilpres 2024, Novel: Kader Gerindra Dekat Dengan PA 212

Untuk diketahui, Pesantren Giri Kusumo didirikan pada tahun 1868 dan menjadi salah satu pesantren Nahdlatul Ulama (NU) tertua di Indonesia. 

Pengaruh pesantren Giri Kusumo sangat kuat terhadap kehidupan warga sekitar dan juga warga Demak pada umumnya. Tokoh-tokoh politik pun banyak berdatangan untuk sekedar silaturahmi dengan pimpinan ponpes tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.