Dark/Light Mode

Jalankan Demokrasi Riang Gembira

PPP Sepakat Jalankan Pemilu Ramah HAM

Minggu, 11 Juni 2023 18:18 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendeklarasikan Pemilu Ramah HAM, pada Minggu pagi (11/6). (Foto: Ist)
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendeklarasikan Pemilu Ramah HAM, pada Minggu pagi (11/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendeklarasikan Pemilu Ramah HAM, pada Minggu pagi (11/6).

Muhamad Mardiono mengatakan lewat deklarasi ini menunjukkan bahwa demokrasi Indonesia semakin tumbuh, berkembang, dan merakyat.

“Saya mengapresiasi bahwa Komnas HAM telah berpartisipasi aktif, dalam mendeklarasikan Pemilu Ramah HAM hari ini. Karena HAM merupakan bagian dari keadilan,” tutur Muhamad Mardiono, di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga : Ganjar Sejati Jabar Gelar Pelatihan Pembuatan Tahu

Muhamad Mardiono memaknai kebebasan HAM dengan menjaga perasaan dan menjaga hak orang lain termasuk dalam Pemilu mendatang.

“HAM harus dimaknai bahwa kebebasan bukan berarti bebas berbuat apa saja. Tetapi menjaga perasaan dan hak manusia satu dengan yang lain,” ujarnya.

Dalam deklarasi kali ini, terlihat Muhamad Mardiono juga menandatangani isi dari deklarasi Pemilu ramah HAM bersama dengan stakeholder lainnya.

Baca juga : Manut Putusan MK, Pemerintah Perpanjang Masa Jabatan Firli Bahuri Cs

Adapun isi dari deklarasi Pemilu ramah HAM adalah menjamin pemenuhan hak pilih kelompok marginal-rentan, menjamin hak pemilu akses yang inklusif terhadap kelompok marginal-rentan, mewujudkan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 yang bebas diskriminasi, nirkekerasan, dan adil. 

Serta mewujudkan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 yang bebas hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian.

Sebelumnya, PPP juga telah sepakat akan menjalankan pesta demokrasi dengan riang gembira, santun, dan beretika untuk memenangkan calon-calon yang memang menjadi pilihan rakyat demi bangsa dan negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.