Dark/Light Mode

Setelah Absen Satu Periode, Akhirnya Saraswati Lolos Ke Senayan

Selasa, 19 Maret 2024 11:12 WIB
Caleg Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto: Istimewa
Caleg Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah satu periode absen, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo kembali terpilih sebagai anggota DPR periode 2024-2029 dari Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III.

Politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Sara ini sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota dewan periode 2014-2019.

Di periode 2019-2024, keponakan Capres Prabowo Subianto ini harus absen. Kemudian berlaga di Pilkada Tangerang Selatan, dan gagal.

Kini, di Pemilu 2024, Sara kembali berjibaku merebutkan kursi DPR. Hasilnya, dia kembali melenggang ke Senayan. Berjuang di Dapil yang meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat, Sara sukses meraup 52.932 suara.

"Perasaan saya cukup bercampur aduk. Di satu sisi cukup bahagia karena tentunya hasil kerja keras beserta dukungan dari tim dan semua tandem Caleg DPRD yang berbuah hasil baik," kata Sara kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor Sabtu 16 Maret, Cek di Sini Lokasinya

Sara bersyukur masih dipercaya mewakili aspirasi masyarakat Jakarta di kursi legislatif.

"Walaupun dengan tantangan yang sangat luar biasa dari berbagai elemen, saya tetap mendapatkan suara yang cukup untuk bisa menjadi wakil rakyat di DPR," tambah istri Harwendro Adityo Dewanto ini.

Meski begitu, Sara mengaku sedih karena masih ada caleg-caleg yang berkontestasi hanya demi jabatan dan kekuasaan.

"Di sisi lain, sedih karena tantangan yang saya maksud meliputi pragmatisme yang terus meningkat, Caleg-Caleg yang memelihara pragmatisme itu demi jabatan dan kekuasaan," sesalnya.

Untuk diketahui, kemenangan Sara harus dibayar mahal lantaran Caleg sesama Gerindra, Ahmad Riza Patria harus terpental. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu hanya meraih 45.998.

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Sabtu 16 Maret, Cek Disini Lokasinya

"Kecewa karena walaupun berjuang untuk bisa mendapatkan dua kursi bagi Gerindra belum berhasil diraih," sebutnya.

Lebih lanjut, setelah dilantik, dia akan memperjuangkan aspirasi konstituennya yang sempat tersendat.

Kata Sara, anggota legislatif itu tugasnya tiga, membuat aturan, mensupervisi aturan, dan memperjuangkan agar anggaran yang disahkan sesuai dengan kepentingan rakyat.

"Dengan saya menjalankan tugas itu dengan baik, maka itulah cara terbaik pula untuk melayani masyarakat," ucapnya.

Ditanya ihwal komisi berapa yang dibidik, Sara serahkan ke Gerindra.

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Sabtu 9 Maret, Cek Disini Lokasinya

"Untuk komisi masih menjadi bahan pertimbangan. Namun, tentunya komisi di mana saya bisa berkontribusi dan di mana saya bisa terus berkembang dan belajar," pungkasnya.

Untuk diketahui, 7 kursi Senayan lainnya dari Dapil DKI Jakarta III diperoleh oleh Charles Honoris (PDIP) dengan 97.016 suara, Adang Daradjatun (PKS) 95.773 suara, Erwin Aksa (Golkar) 186.997 suara, Ahmad Sahroni (Nasdem) 163.292 suara, Sigit Purnomo (PAN) 50.222 suara, Nurwayah (Demokrat) 34.061 suara, dan Darmadi Durianto (PDIP) 95.553 suara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.