Dark/Light Mode

Survei Elektabilitas Di Atas 4 Persen, PSI Optimistis Lolos Ke Senayan

Jumat, 23 Februari 2024 15:52 WIB
Ketua DPP dan Juru Bicara PSI, Dedek Prayudi. (Foto: Ist)
Ketua DPP dan Juru Bicara PSI, Dedek Prayudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan tetap optimis lolos ke Senayan karena hasil sejumlah survei sebelum Pemilu menunjukkan elektabilitas di atas 4 persen.

“Hasil survei sejumlah lembaga menunjukkan elektabililitas PSI di atas 4 persen. Misalnya SPIN menyebut 4,2 persen saat survei dilakukan 5-8 Februari 2024. Bahkan, survei lembaga riset media terkemuka menyebut elektabilitas PSI 4,4 persen tapi survei ini tidak dirilis. Ini semua memperlihatkan PSI sangat mungkin lolos ke Senayan,” kata Ketua DPP dan Juru Bicara PSI, Dedek Prayudi dalam keterangan tertulis, Jumat (23/2/2024).

Baca juga : Hasil QuickCount Plus, Caleg PAN Rosaline Rumaseuw Diprediksi Lolos Ke Senayan

Hasil quick count juga menyebut angka 2,9 sampai 3 persen dengan margin of error 1-1,5 persen. Artinya, PSI tetap berpeluang masuk parlemen pusat. 

Berdasarkan keyakinan itu, DPP PSI menginstruksikan seluruh pengurus, caleg, dan kader untuk mengawal ketat perhitungan suara di semua tingkatan.

Baca juga : Rekapitulasi C1 Hampir Selesai, Rachel Maryam Optimis Lolos ke Senayan Lagi

“Kami kawal terus di semua tingkatan. Karena, dari temuan di lapangan, ada cukup banyak human error. Misalnya, dalam kolom batang lidi, tertulis 35 suara tapi saat dicatat hanya 25 suara. Juga ada perbedaan di C1 dengan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan,” lanjut Dedek. 

Kesalahan-kesalahan semacam itu, kata Dedek, diyakini terjadi di banyak tempat. Sangat mungkin dipicu kelelahan para petugas.

Baca juga : Masuk 3 Besar Di Jakarta, PSI Optimistis Tembus Ke Senayan

Dari pemantauan di lapangan juga ditemukan dugaan bahwa raihan suara PSI akan lebih banyak dibandingkan suara para caleg. 

“Menurut kami, ini adalah efek dari kehadiran Mas Kaesang di PSI,” kata Dedek. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.