Dark/Light Mode

Resep Menangkan Pilkada 2024, Banteng Wajib Bonding Dengan Akar Rumput

Minggu, 26 Mei 2024 17:37 WIB
Ketua Umum (Ketum) DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri saat pidato penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). (Foto: AMA/RM)
Ketua Umum (Ketum) DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri saat pidato penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). (Foto: AMA/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberikan wejangan kepada skuadnya tentang cara memenangkan Pilkada Serentak 2024. Megawati meminta, kadernya menyapa langsung masyarakat dan turun ke akar rumput.

"Karena itulah hal yang terbaik saat ini adalah, turun ke akar rumput untuk persiapan pilkada ini. Digalang rakyatnya, dikasih pengetahuan rakyatnya," kata Mega saat pidato penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Sarannya, seluruh kader harus membangun keterikatan alias bonding dengan rakyat untuk bisa tertawa dan menangis bersama mereka, serta bisa menghasilkan solusi untuk mengatasi permasalahannya.

Baca juga : Kata Banteng, Itu Bukan Sinyal Pergantian Ketum

Di acara bertema ‘Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran’ Mega meminta kadernya untuk mengingatkan rakyat agar bisa menghindari money politic atau politik uang yang bisa merusak demokrasi.

Dia pun menceritakan bagaimana rakyat yang tergiur akan politik uang. Dijanjikan akan diberikan Rp 1 juta tetapi nyatanya hanya mendapatkan Rp 300 ribu. Bahkan, rakyat tersebut ada yang diminta berfoto dengan KTP dan amplop tersebut.

"Kok kamu sesudahnya baru menyesal?" cerita Megawati saat mendengar wong cilik tersebut. "Jangan tergiur lagi lho," sambungnya.

Baca juga : Banteng Kunci Kader Topnya

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) itu meminta kepada kader PDIP agar rakyat diajari memilih pemimpin yang baik dan benar.

"Makanya tolong diajarkan kepada rakyat. Rakyat itu perlu pertolongan. Mereka haus akan sebuah guidance (panduan). Diajari, benarnya kalau milih pemimpin itu iku piye toh. Dulu saya begitu loh, ngajarin,” kenangnya.

Putri Proklamator RI Soekarno ini pun menyarankan agar rakyat memilih pemimpin yang baik dan sayang akan wong cilik.

Baca juga : Festival Lampion Waisak 2024, Sekda Jateng: Ini Bukti Toleransi dan Kerukunan Antarumat Beragama

"Nek kepengen dadi pemimpin iku piye carane? Saya bahasa Jawa karena dapil saya itu. Dados pundi bu? Golekono sing apik, sing tresno karo wong cilik (cari yang bagjs, yang cinta kepada wong cilik,)," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.