Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat Tanggapi PAN Reformasi

Mendirikan Parpol Baru Bukan Perkara Mudah

Jumat, 4 September 2020 09:31 WIB
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago (Foto: Istimewa)
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri PAN Amien Rais sudah tersingkir dari partainya. Maka, tidak heran Amien disebut-sebut akan membentuk parpol baru. Namun beberapa kader PAN menyangsikan manuver Amien bakal sukses mendirikan partai baru dan menandingi PAN. 

“Apakah Amien Rais akan benar-benar mewujudkan impiannya mendirikan PAN Reformasi. Ini sangat bergantung pada sosok Amien sebagai tokoh sentral atau ikonnya dan orang-orang yang ada di lingkarannya yang mampu mendukung Amien Rais secara bersama-sama,” kata pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago

Baca juga : Dermaster Perkenalkan Hydrafacial Terbaru dan Pertama di Indonesia

Selain itu, menurut Pangi, mendirikan partai baru bukan perkara yang mudah. Di samping syarat administrasi yang berat, belum lagi setelah terdaftar sebagai peserta pemilu. Butuh kerja keras lagi, agar lolos ambang batas parlemen. Sehingga partai memiliki kursi di parlemen. 

Untuk itu, lanjut Pangi, semuanya sangat bergantung pada gagasan, ide, dan narasi yang mereka bangun dan bawa. Kemudian nilai perjuangan itu penting, karena dari sana semangat berjuang itu muncul. 

Baca juga : PKS Tak Merasa Tersaingi

“Karena kecewa tidak terakomodir dari kepengurusan sekarang, saya pikir PAN Reformasi tidak akan bertahan lama. Sebab, nilai yang dibawa adalah sangat transaksional dan pragmatis,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.