Dark/Light Mode

Animo WNI Tinggi, Polisi Timor Leste Ikut Bantu Pengamanan

Minggu, 14 April 2019 15:07 WIB
WNI yang hendak mencoblos, tampak berkerumun di depan pintu masuk KBRI Dili, Timor Leste, Sabtu (13/4). (Foto: KBRI Dili)
WNI yang hendak mencoblos, tampak berkerumun di depan pintu masuk KBRI Dili, Timor Leste, Sabtu (13/4). (Foto: KBRI Dili)

RM.id  Rakyat Merdeka - Animo WNI di Kota Dili, Timor Leste dalam menunaikan hak pilihnya di Pemilu 2019, terbilang tinggi. 27 personel Polisi Nasional Timor Leste (PNTL) bahkan ikut turun menjaga pintu KBRI Dili untuk mengamankan pemilu luar negeri di wilayah tersebut. 

"Itu betul. WNI di sini sangat antusias mengikuti Pemilu. Mereka bahkan saling dorong di pagar. Saya sampai naik pagar menenangkan para pemilih. Polisi Nasional Timor Leste pun ikut membantu. Meski begitu, kondisi secara keseluruhan aman terkendali," ujar Sekretaris Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Eka Putra Musa Mauboy, kepada RMCO, Minggu (14/4). 

(Duta Besar RI untuk Timor Leste Sahat Sitorus, beserta istri, Bintang Vera Sitanggang siap memasukkan surat suara ke kotak suara. (Foto: KBRI Dili)

Eka menjelaskan, dari 4.109 surat suara yang dikirimkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), surat suara yang terpakai sampai berita ini diturunkan berjumlah 3.347. Dengan demikian, tingkat kehadiran pemilih WNI di negara yang memisahkan diri dari Indonesia pada 1998 itu mencapai 81,45 persen. 

Baca juga : Siap Digelar, Konser Putih Bersatu Untuk Kemenangan

"TPS Luar Negeri (TPSLN) di Dili dibuka sampai pukul 21.00 WIT. Karena sisa surat suara masih banyak, tim TPSLN menelepon calon pemilih yang belum datang, untuk datang memilih," terang Eka.

Para pasien atau orang sakit di Timor Leste, lanjutnya, akan dimasukkan ke dalam DPKLN (Daftar Peserta Khusus Luar Negeri). Selama sisa surat suara masih ada, anggota KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) akan mengantar surat suara ke rumah sakit tempat mereka berada.

"Ini supaya mereka dapat menggunakan hak pilih mereka," tandas Eka. 

Baca juga : AP I Aktif Gaungkan Soal Keselamatan Penerbangan

Pemilu 2019 dengan Kotak Suara Keliling Luar Negeri (KSKLN) untuk 12 distrik selain Dili, telah dilaksanakan pada 8-10 April lalu. Dari 617 DPTLN yang terdaftar, terdapat 538 calon pemilih yang hadir menggunakan hak pilihnya di ke-12 distrik Timor-Leste. Tingkat partisipasi WNI di wilayah ini mencapai 87,2 persen. Namun, untuk penghitungan suaranya, akan dilakukan secara serentak pada 17 April mendatang.

Untuk diketahui, dalam Pemilu 2019, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili telah mendaftarkan 4.027 orang WNI dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), yang terdiri dari 2.667 orang pria dan 1.360 orang wanita. [HES]


.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.