Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Ganjar Pranowo Bikin Politik Bising

PDIP Pilih Tutup Kuping

Senin, 21 Juni 2021 07:15 WIB
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak mau ambil pusing dengan menjamurnya relawan yang mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Partai penguasa itu memilih fokus membantu rakyat melawan pandemi Covid-19 yang belakangan semakin menggila, daripada sibuk memikirkan urusan politik.

“Pokoknya, kalau bukan parpol atau gabungan parpol yang bicara, itu hanya aksesoris demokrasi. Menghibur, tapi tidak menentukan,” ujar politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Anggota Komisi XI DPR ini mengamini, saat ini seluruh kader partainya selaras denganarahan Sekretaris Jenderal, Hasto Kristiyanto, untuk tidak genit urusan Pilpres 2024. Ihwal tiket capres diserahkan kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Seluruh mesin partai, kata dia, memiliki tugas untuk saling mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya ledakan Covid-19. Apalagi, saat ini masyarakat mulai letih dan kendor menjalankan protokol kesehatan. “Dalam kondisi begini, jangan bicara Pilpres. Biar itu menu orang-orang yang mengidap autis sosial,” kritiknya.

Baca juga : Pendataan Detail, Ganjar Puji Jogo Tonggo Di Kudus

Mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini juga menjelaskan, partainya tidak akan bertindak untuk para relawan maupun menegur Ganjar. Intinya, relawan ini tidak mempengaruhi kinerja PDIP yang saat ini masih fokus membantu rakyat melawan Covid-19.

“PDIP selalu berdialektika dengan aspirasi rakyat, semangat jaman, momentum sejarah, dan spiritualitas semesta. Jadi, kami menghindari segala kebisingan yang mengganggu kerja-kerja politik kami,” tutupnya.

Sementara Direktur Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin menganalisa, PDIP masih di atas angin soal penentuan jagoan di Pilpres 2024. Partai yang diklaim sebagai partainya wong cilik itu dinilai, tidak bisa disetir siapapun, termasuk relawan. Baginya, PDIP sudah memiliki calonnya sendiri, dan itu ada di tangan Megawati.

Menurutnya, sebagai partai pemenang Pemilu 2024, PDIP tidak akan terpengaruh dengan manuver politik para relawan. “PDIP akan menganggap itu sebagai hiburan politik di tengah pandemi,” katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Relawan Ganjarist Deklarasikan Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar ini menyebut, relawan Ganjar yang muncul ini bisa sebagai relawan betulan yang ingin memperjuangkan Ganjar menuju Pilpres 2024, atau bisa juga setingan yang dibentuk lawan politik Ganjar.

Terlepas dari hal itu, Ujang menduga, PDIP sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan. PDIP, tentu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan seluruh kadernya, termasuk Ganjar Pranowo. “PDIP akan santai-santai saja,” tutupnya.

Seperti diketahui, hingga kemarin sudah muncul tiga relawan yang mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres di 2024. Pertama, Kawan Ganjar Bersatu Nasional (KGBN) yang mendeklarasikan diri di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (7/6).

Kedua, atas nama Teman Ganjar. Dideklarasikan di Kawasan Kuningan, Jakarta Barat, Rabu (9/6). Relawan ini mengklaim sudah memiliki 1.500 member yang tersebar di seluruh Indonesia. Relawan ini dibentuk atas klaim kesukarelaan para pendukung Ganjar.

Baca juga : Dibandingkan Ganjar, Puan Lebih Potensial Diusung PDIP Sebagai Capres

Paling terbaru kemarin, dideklarasikan di Yogyakarta. Namanya, Sahabat Ganjar. Ketua Sahabat Ganjar, Leni Handayani mengatakan, Ganjar adalah sosok yang tepat untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dari Presiden Joko Widodo. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.