Dark/Light Mode

Indikator Politik: Prabowo Ungguli Anies Jika Head to Head di Putaran 2 Pilpres

Senin, 27 Maret 2023 00:13 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Tim Media Prabowo)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Tim Media Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei dengan tema “Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terbaru”, melalui Zoom, Minggu (26/3). Hasilnya, tiga nama yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertengger di posisi teratas dalam pilihan masyarakat untuk kontestasi Pilpres 2024.

Dalam survei itu, diketahui, elektabilitas Prabowo mampu rebound dan kini menyalip Anies. Sedangkan untuk posisi teratas ditempati Ganjar, namun elektabilitasnya dalam tren stagnan. Rinciannya, Ganjar punya elektabilitas 36,8 persen, Prabowo dengan 27 persen, dan Anies 26,8 persen.

Baca juga : Survei Indo Barometer: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar & Anies

Dalam survei ini, Indikator Politik Indonesia melakukan simulasi pilpres dua putaran. Salah satunya, jika yang masuk putaran kedua adalah Pranowo dan Anies. Hasilnya, Prabowo bisa mengungguli Anies.

“Simulasi dua nama, jika Ganjar tidak lolos pada putaran pertama Pilpres 2024, Prabowo ungguli Anies Jika hari ini dilakukan pemilihan antara Anies versus Prabowo. Prabowo unggul dengan 45 persen suara, sedangkan Anies memperoleh 37,4 persen,” jelas Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi

Baca juga : Anies Bisa Gandeng Khofifah Di Pilpres

Sementara, untuk calon wakil presiden, dalam simulasi 5 nama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada pada posisi teratas dengan perolehan 22 persen, Menteri BUMN Erick Thohir di posisi kedua dengan perolehan 17,6 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berada di posisi ketiga dengan 17,2 persen, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno berada di posisi keempat dengan 16,3 persen.

Indikator Politik Indonesia melakukan dua kali survei dalam periode waktu survei 9-16 Februari 2023 dan 12-18 Maret 2023 dengan metode multistage random sampling dan tingkat kepercayaan 95 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.