Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Safari Politik Ke Jawa Timur

Anies Bisa Gandeng Khofifah Di Pilpres

Minggu, 19 Maret 2023 07:25 WIB
Bakal calon presiden (ba­capres) Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Bakal calon presiden (ba­capres) Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (ba­capres) Anies Baswedan akhir pekan ini menggelar safari politik ke Jawa Timur (Jatim). Safari ini dinilai sebagai upaya Anies mengangkat elektabili­tas dan popularitas di wilayah yang merupakan basis kaum nahdliyin.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengungkapkan, safari ke daerah yang bukan basis massa pendukung merupakan ikhtiar mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk meningkatkan popu­laritas dan elektabilitas.

“Ini pesan bahwa Anies in­gin mendongkrak potensi ele­ktoral di provinsi paling timur di Pulau Jawa,” kata Bawono kepada Rakyat Merdeka, ke­marin.

Baca juga : Paloh Tak Keberatan Anies Gandeng AHY

Menurutnya, dalam berbagai survei kredibel akhir tahun lalu, di lima provinsi besar di Pulau Jawa, elektabilitas Anies masih rendah di Jawa Tengah dan di Jawa Timur. Masih ka­lah dibandingkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Padahal, pemilih di dua provinsi tersebut sangat besar dan jadi indikator serta barometer pemenangan suara nasional.

Karenanya, Anies butuh pendamping atau cawapres yang figurnya memiliki po­tensi elektoral. Terutama di kantong-kantong suara besar seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Jadi tak hanya safari rutin, harus cari pendamping yang bisa mendongkrak kelemahan elektoral Anies di dua provinsi ini. Bisa kepala daerah di wilayah ini, ataupun tokoh lain yang mengakar di sini,” sarannya.

Baca juga : Anies Terima AHY Cawapres?

Menurut Bawono, Anies saat ini menjadi bakal capres yang paling leluasa melakukan sosialisasi turun langsung keliling Indonesia, karena tidak lagi menjabat sebagai pejabat publik.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengung­kapkan, safari Anies ke Jatim disambut meriah oleh warga. “Luar biasa warga Jawa Timur, ramai sekali,” kata Ali.

Dia menyebut, Anies bisa berduet dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapresnya.

Baca juga : Cegah Politik Identitas, Bawaslu Gandeng PBNU

“Kalau masyarakat memilih itu (Anies-Khofifah) agar di­pasangkan, kenapa tidak?” tandasnya.

Sebagai catatan, Anies keliling Jatim sejak Jumat (17/6) dan dijadwalkan berada di Kota Pahlawan hingga Minggu (19/3).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.