Dark/Light Mode

Pengamat: Jokowi Tak Rekomendasikan Prabowo Jadi Cawapres

Senin, 24 April 2023 13:25 WIB
Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro (Foto: Istimewa)
Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai aneh narasi yang menyebutkan bahwa Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai cawapres. Ia mengatakan, pernyataan Presiden Jokowi diputar seolah menyebut Prabowo direkomendasikan jadi cawapres Ganjar Pranowo. Padahal, Jokowi menyebut baik Ganjar maupun Prabowo akan menemukan cawapresnya masing-masing.

"Kalau dicermati secara lebih seksama, Presiden dalam momen itu tidak mengatakan nama Prabowo Subianto cocok sebagai bakal calon wakil presiden bagi Ganjar," ujar Bawono.

Bawono menambahkan, narasi Prabowo yang diposisikan sebagai cawapres serasa sangat aneh. Sebab, saat ini elektabilitas Prabowo lebih unggul dibanding Ganjar, dan capres dari Partai Gerindra ini juga telah berpengalaman mencalonkan diri pada Pilpres 2014 dan 2019.

Baca juga : Jokowi Diprediksi Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar

"Merupakan hal sangat aneh dan juga tidak baik dari segi kepantasan dan juga gengsi politik, apabila setelah maju sebagai calon presiden dalam dua pemilihan presiden terdahulu lalu kemudian maju sebagai calon wakil presiden di pemilihan presiden mendatang," ucap Bawono.

Sabtu lalu, Prabowo bersilaturahmi Idul Fitri 1444 Hijriah ke kediaman Jokowi di Solo. Prabowo bersama putranya, Didit Hediprasetyo, disambut Jokowi, Ibu Negara Iriana, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pengarep.

Sebelum menerima kedatangan Prabowo, Jokowi sempat menemui wartawan usai Salat Idul Fitri dan membahas pencalonan Ganjar sebagai calon presiden PDIP. “Tinggal nanti menunggu cawapresnya. Yang cocok banyak. Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, Pak Airlangga,” ujar Jokowi.

Baca juga : LSI : Jokowi Ingin Duetkan Ganjar-Prabowo

Setelahnya Jokowi sempat ditanya terkait nama Prabowo. Jokowi pun mengatakan bila Prabowo pun nantinya akan bertemu siapa pasangan yang cocok sebagai cawapres.

"Kalau Pak Prabowo gimana Pak?" tanya wartawan. "Nah termasuk Pak Prabowo nanti juga segera cawapresnya ketemu," jawab Jokowi.

"Sudah ada agenda untuk ketemu beliau, Pak?" tanya wartawan lagi. "Ketemu nanti siang ini, ketemu. Beliau mau ke rumah. Siang," jawab Jokowi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.